Iklan

12 Ribuan Label Sehat Hewan Kurban Suah Sebar, Distan : Pemeriksaan Ante Mortem - Pos Morten Berlanjut di Hari Tasyrik

Redaktur
Monday, 19 July 2021, 10:47 WIB Last Updated 2021-07-19T03:47:17Z

Kalung label sehat yang disediakan Dinas Pertanian Karawang dengan jumlah 12 ribu, diperkirakan tuntas hari ini Senin (19/7) lewat pemeriksaan Bidang Peternakan. Namun, seksi kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner Distan Karawang, masih akan terus melakukan pemeriksaan pada belasan ribu hewan kurban selama hari H Idul Adha dan hari tasyrik yang akrab di sebut pemeriksaan Ante Morten (24 Jam sebelum penyembelihan) dan Post Morten (Setelah Penyembelihan).


Dikatakan Kasie Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Bidang Peternakan Distan Karawang, Nining Komala Ningsih mengatakan, label sehat yang di sediakan sebanyak 12.000 sudah hampir semua sisa terdistribusi lewat pemeriksaan di lapangan, dengan rincian 10 ribu pcs oleh petugas lapangan ditiap kecamatan dan 2.000 pcs tim Kabupaten khusus jalur-jalur arteri dan penyisiran. "Pendataan di lapangan sudah di dilakukan tim, namun belum masuk. Kalau Kabupaten sudah 1.600 label sehat sudah tersebar. " katanya.


Nining menambahkan, meskipun pandemi, semangat berkurban diakuinya ada peningkatan meskipun tidak besar dibanding tahun sebelumnya. Namun, jumlah lapaknya sedikit berkurang, karena ada lapak-lapak yang di tahun lalu berjualan, saat ini justru tidak ada, hanya saja meningkat volume penjualan dibeberapa pedagang lainnya dan kandang. "Jumlah lapak sih berkurang, tapi jumlah hewan kurban yang tersebar di lapak dan kandang yang ada, terjadi peningkatan meskipun tidak besar dibanding tahun sebelumnya, " Kata Nining. 

Mantan Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Telagasari ini berharap, yang utama saat ini adalah kami dan tim pemeriksa hewan kurban selalu dalam keadaan sehat dan tetap dalam perlindungan Allah SWT. Karena, tugasnya belum selesai sampai pemeriksaan jelang hari H. Sebab, pihaknya masih harus melakukan pemeriksaan ante mortem (sebelum disembelih) yaitu 24 sebelum disembelih, dan nanti pada hari H dan hari Tasyrik, juga masih melakukan pemeriksaan post mortem (setelah sembelih). Ante mortem sebut Nining, merupakan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih dilakukan 24 jam sebelumnya, kemudian post mortem pemeriksaan setelah disembelih, yakni  dilihat di organ-organ penting hewan seperti hati, jantung, paru dan limpa. "Mohon doa, semoga di tengah pandemi sekalipun pemeriksaan yang kami lakukan bisa tetap lancar, " Ungkapnya. (Rd)


Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI