Selain sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelumnya dengan pengalungan label sehat, Dinas Pertanian Karawang melalui Bidang Peternakan juga memeriksa Post Morten hewan-hewan kurban idul adha yang di sembelih hari ini dan tiga hari kedepan di sejumlah lokasi pemotongan. 

Wal hasil, pemeriksaan hati, tulang dan organ lainnya paska penyembelihan, Distan belum menemukan satupun hewan kurban yang bercacing di hati maupun organ lainnya. 


"Alhamdulillah, pemeriksaan post Morten ini lancar untuk sementara dan belum ada temuan hewan kurban tidak sehat seperti hati, limpa dan organ lainnya bercacing, " Kata Kasie Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Nining Komala Ningsih kepada pelitakarawang.com, Selasa (20/7).

Jika kemudian ada yang ditemukan saat pemeriksaan bercacing, maka ia imbau agar masyarakat tidak mengkonsumsinya dan jangan pula di buang sembarangan karena khawatir di makan ternak lainnya. "Jadi kalau ada temuan cacing hati, limpa dan organ yang kami periksa, jangan dibuang sembarangan dan jangan di konsumsi. Ini sebagai bahan edukasi dan komunikasi kepada masyarakat dan jemaah ysng berkurban sekalipun, " Ujar Nining. (Rd)