Dear Pelamar CPNS Karawang, Ini Ambang Batas Nilai TWK,TIU dan TKP di SKD 2021

Peserta CPNS yang mendaftar dan dianggap Memenuhi Syarat (MS) yang akan di umumkan 2 Agustus dan lolos seleksi administrasi akan dilanjutkan untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sekitar 25 Agustus - 4 September mendatang.
Ini Passing Grade Seleksi TIU, TWK dan TKP CPNS Tahun 2021


Dalam tes SKD ini peserta ujian akan dihadapkan dengan soal yang berjumlah 110 dengan materi berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Dalam PermanRB Nomor 27 Tahun 2021 disebutkan, untuk TWK berjumlah 30 soal, TIU 35, dan TKP ada 45, dengan waktu pengerjaan 100 menit.

Ketentuan mengenai passing grade tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 1023 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun 2021.

Pengumuman tersebut dilakukan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan langsung di kanal YouTube KemenpanRB, Kamis (29/7/2021).

Seperti diketahui, pada seleksi CPNS sebelumnya, ditetapkan pada formasi umum, nilai TKP skor minimal 126, TIU skor minimal 80, dan TWK 65. Namun, perhatikan nilai ambang batas dan poin yang akan diberikan pada peserta tes dalam regulasi tahun 2021 berikut ini.

#Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Mengenai TWK, soal yang akan diujikan berjumlah 30. Jika menjawab benar akan bernilai 5, namun jika salah atau tidak menjawab nilainya 0. 

Sehingga, nilai tertinggi yang akan didapatkan peserta apabila menjawab 30 soal dengan benar maka akan mendapatkan nilai 150.

#Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU, jumlah soalnya bertambah 5, menjadi 35 soal. Sistem penilaiannya sama seperti TWK. Menjawab benar akan diberi nilai 5, namun jika salah atau tidak menjawab nilainya 0.

Nilai tertinggi yang bisa didapatkan jika menjawab semua soal dengan benar, yakni 175.

#Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Jumlah soal TKP sebanyak 45. Kriteria penilaiannya tidak sama seperti TIU dan TWK, tetapi menggunakan sistem tingkatan. Jawaban yang paling sesuai akan mendapat nilai 5, kemudian 4, 3, 2, dan terakhir 1. Namun yang perlu diperhatikan, apabila peserta tidak menjawab justru tidak akan mendapatkan nilai alias 0. 

Jumlah skor tertinggi yang bisa didapatkan peserta, yakni 225.

Total butir soal dari SKD itu adalah 110 butir soal, terjadi penambahan 10 butir soal dibandingkan tahun 2019 yang lalu, sehingga nilai tertingginya pun mengalami penambahan sebesar 50 poin, sehingga jumlah nilai tertingginya 550. 

Terkait dengan waktunya, waktu pelaksanaan SKD adalah 100 menit, hanya saja khusus pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan khusus penyandang disabilitas, maka waktu pelaksanaan SKD 130 menit. (Rd)

0 Komentar

X
X