Di Tengah Pandemi Covid, Jangan Lengah Terhadap Virus Hepatitis

Dalam rangka memperingati hari Hepatitis Sedunia / World Hepatitis Day (WHD), Bio Farma  menyelenggarakan tiga rangkaian webinar yang diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Juli 2021. Kamis (29/7/2021)

Dengan Tema WHD 2021 Hep Can’t Wait, Bio Farma mengajak beberapa kalangan mulai dari profesi, asosiasi hingga masyarakat umum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Hepatitis yang merupakan satu dari 10 penyakit yang menyebabkan kematian, sehingga masyarakat mampu mengatasi hal tersebut dengan melakukan diantaranya pencegahan melalui vaksinasi Hepatitis. 

Seminar pertama diselenggarakan pada tanggal 27 Juli 2021, dengan mengundang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Wilayah Jawa Barat, dengan menghadirkan profesi Bidan lebih dari 200 peserta dari seluruh Kab/Kota di Jawa Barat. Dalam sambutan Ketua Ikatan Bidan Indonesia Wilayah Jabar, Eva Riantini mengatakan bahwa ada penyakit Hepatitis yang harus tetap diwaspadai ditengah upaya penanganan pandemi Covid-19 

“Bidan yang merupakan garda terdepan dalam melayani kesehatan untuk masyarakat perlu paham dan waspada terhadap penyakit Hepatitis yang berbahaya ditengah penanganan pandemi Covid-19. Bidan juga merupakan yang pertama kali bersentuhan dengan bayi yang baru lahir, yang harus langsung diberikan vaksin hepatitis karena itu sudah menjadi kewenangan kami” ujarnya

Sementara itu, Kepala Divisi Komunikasi Pasar dan Distribusi, Bio Farma Hidayat Setiadji mengatakan penyakit hepatitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus,  bisa juga disebabkan oleh kondisi atau penyakit lain, seperti kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, atau penyakit autoimun. Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular.

""Ada lima jenis virus Hepatitis yaitu tipe A, B, C, D dan E. Hepatitis B dan Hepatitis C merupakan dua jenis tipe penyakit yang paling berbahaya dibanding tipe lainnya. IBI juga memiliki program yang salah satunya adalah untuk mengeliminasi Hepatitis yang ada di Indonesia", ungkapnya.

Puncaknya pada tanggal 28 Juli 2021, Bio Farma menyelenggarakan webinar dengan Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN), dengan tema yang sama yaitu Hep Can’t Wait, menghadirkan narasumber ternama seperti Dr. Eddi Junaedi, SpOG., SH., M.Kes yang merupakan Ketua Umum ASKLIN Pusat, dan Dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc., Sp.PD., dokter penyakit dalam dan vaksinolog. Dalam kegiatan ini juga diberikan bantuan vaksin Hepatitis B yang diproduksi oleh Bio Farma, kepada ASKLIN  sebanyak 131 box, kegiatan simbolis ini juga sekaligus memperingati HUT Bio Farma ke 131 yang akan jatuh pada tanggal 6 Agustus 2021 mendatang. (yts)

0 Komentar

X
X