Kabar gembira bagi mereka penyuka kopi. Hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa rutin meneguk kopi bisa meningkatkan imun untuk mencegah infeksi Covid-19.

Menyeruput kopi, tidak bisa dimungkiri menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penggemar minuman pahit ini.

Selain meningkatkan mood, membuat tubuh lebih segar, dan lebih fokus dalam bekerja, kopi juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Tentu dengan catatan,mengutip laman berita Skor, kopi yang kita minum, murni kopi hitam tanpa campuran seperti gula, krim, dan banyak bahan lainnya seperti kopi-kopi kekinian yang menjamur sekarang ini.

Baru-baru ini sekelompok peneliti dari Northwestern University menerbitkan penemuannya di jurnal Nutrient, terkait efek kopi dengan sistem kekebalan tubuh, khususnya dalam memerangi Covid-19.

Mereka meneliti hampir 40.000 peserta di Biobank Inggris, dengan mempelajari kebiasaan diet partisipan dari 2006 hingga 2010, lalu menghipotesiskan risiko infeksi virus corona pada 2020.

Para peneliti menganalisis pola konsumsi kopi, teh, daging olahan, daging merah, ikan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda omega-3, buah, dan sayuran pada para peserta.

Mereka juga menyesuaikan faktor-faktor seperti ras, usia, jenis kelamin, dan aspek lain seperti aktivitas fisik, tingkat BMI, dan riwayat kondisi medis tertentu.

Para peneliti akhirnya menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kopi satu cangkir atau lebih per hari bisa menurunkan risiko infeksi Covid-19 hingga hampir 10 persen.

"Saat mengkonsumsi secangkir, dua sampai tiga, atau empat lebih cangkir kopi, kemungkinan positif Covid-19 menjadi berkisar antara 0,90, hingga 0,92," tulis studi tersebut.

Efek ini tampaknya disebabkan oleh manfaat nutrisi yang ada di dalam kopi. Tidak hanya sumber kafein, kopi juga mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang meningkatkan imun dalam menangkal virus.

"Konsumsi kopi berkorelasi dengan biomarker inflamasi yang berhubungan dengan tingkat keparahan dan kematian akibat Covid-19," tulis para peneliti.

Studi tersebut juga menambahkan bahwa selain kopi, mengonsumsi sayuran setiap hari juga memberikan dampak yang sama.

Sementara teh dan buah tampaknya kurang efektif. Mengonsumsi daging olahan – seperti sosis dan bacon – ternyata bisa memperparah infeksi Covid-19.

Foto: Ngopi

Di luar itu, mengonsumsi kopi untuk meningkatkan imun juga harus dibarengi dengan rutin berolahraga, nutrisi lengkap dan seimbang, serta istirahat yang cukup.***ys