Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS) di Jakarta sudah mulai mendatar.

“Ini karena pemerintah telah menambah jumlah tempat tidur sangat signifikan. Serta angka yang masuk ke RS, kita harapkan dalam beberapa hari ke depan tidak terlalu masif lagi,” kata Wamenkes Dante saat Konferensi Pers Virtual Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021).

Lanjut Wamenkes Dante, ada penambahan sekitar 1.000 tempat tidur di Asrama Haji Pondok Gede terdiri dari 900 tempat tidur isolasi dan 100 tempat tidur isolasi. Ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu tambahan sekitar 300 tempat tidur di RS Cipto Mangunkusumo dan ada tambahan lagi antara 300-400 tempat tidur di beberapa RS di Jakarta. Jadi, total ada sekitar 2.000 tempat tidur tambahan di seluruh Jakarta.

“Ini juga bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun RS lapangan di beberapa tempat di Bandung dan Jawa Tengah,” kata Wamenkes Dante.

Selain Wamenkes, hadir sebagai narasumber dalam acara itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani, Mensos Tri Rismaharini, dan Mendagri Tito Karnavian. (ts)