Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran Kapolda di setiap daerah untuk menjalin kerjasama dengan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) membentuk batalion vaksinasi untuk percepatan vaksinasi.

Foto : Kapolri Jenderal Listyo

Salah satu langkah yang ditempuh ialah dengan menjalin sinergi bersama PP Muhammadiyah. Hal itu dikatakan Kapolri usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kantor pusat Dakwah PP Muhammadiyah Jalan Menteng Raya, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (29/7/2021) pagi.

"Karena dengan kerjasama ini telah terlaksana 20 sampai 27 kegiatan di kurang lebih 20 wilayah yang tentunya ini sangat membantu dalam rangka mempercepat kegiatan vaksinasi," ungkapnya, Kamis (29/7/2021).

Listyo beralasan, adapun langkah itu dilakukan karena pertumbuhan angka kasus aktif harian nasional saat ini terbilang masih cukup tinggi.

Maka diperlukan strategi kerjasama serupa guna menekan laju pertumbuhan angka kasus aktif harian nasional virus Covid-19.

"Sebab selain penegakan kepatuhan protokol kesehatan yang kedua adalah yang paling ampuh adalah mempercepat vaksinasi," sebut Kapolri.

Sementara itu, Sekertaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mukti mengatakan, kerjasama tersebut sudah terlaksana di 20 provinsi diantaranya di wilayah Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan DKI Jakarta.

Dalam pelaksanaannya, pihak Muhammadiyah dibantu oleh Kapolsek Kapolsek setempat guna merealisasikan percepatan vaksinasi di tiap tiap daerah.

"Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada Kapolri beserta tim yang bertugas serta Aliansi Rumah Sakit Jakarta. Mereka luar biasa selama ini ada di garda terdepan pelayanan vaksinasi," sebutnya.

Selain pelayanan vaksinasi, Mukti juga menjelaskan telah mendapat sejumlah bantuan dari Polri seperti beras 2 ton dan keperluan lainnya untuk menyukseskan pelayanan percepatan vaksinasi Covid-19 di tanah air. ***Ty