Orang yang kontak erat dengan pasien covid-19 harus tetap menjalani isolasi mandiri (isoman), meskipun hasil tes usap antigen menunjukkan negatif. Demikian diungkapkan dokter spesialis paru Nila Kartika Ratna.(18/7/2021).

Kenapa isolasi mandiri tetap harus dijalani? Sebab, bisa saja hasil tes antigen tersebut tidak akurat mengingat masa inkubasi virus SARS-CoV-2 berada dalam durasi waktu 5 hingga 14 hari lamanya.

Oleh karena itu, tes antigen akan lebih efektif penggunaan dan datanya jika tes dilakukan di hari kelima setelah melakukan kontak erat dengan pasien covid-19.

"Jadi kalau misalnya hari ini Anda kontak dengan pasien positif covid-19, lalu hari ini periksa antigen negatif, bukan berarti kita tidak tertular. Jangan senang dulu bisa jadi virusnya masih melakukan inkubasi," kata dr Nila yang juga menangani kasus covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Kalimantan Utara, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (17/7/2021).

Dalam webiner 'Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI)', dr Nila menjelaskan bahwa mengingat masa durasi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan covid-19 memiliki waktu inkubasi selama 2 minggu, maka sangat disarankan agar orang yang berkontak erat dengan pasien covid-19 menjalani isolasi mandiri.

Tentunya selama isolasi mandiri, orang dengan kontak erat sebisa mungkin tidak bertemu dengan kerumunan ataupun keluarga agar bisa meminimalisasi potensi persebaran covid-19.

Sebagai contoh kasus, dr Nila mengatakan ada seorang pemuda yang berkontak erat dengan pasien covid-19 dari tempat kerjanya. Setelah tahu, ia isolasi selama 5 hari dan melakukan tes antigen covid-19 serta mendapatkan hasil negatif.

Setelah itu, rupanya karena mendapat hasil negatif ia memutuskan bertemu dengan teman-teman dan keluarganya. Rupanya di hari k-10, ia mengalami gejala mulai dari demam hingga mual. Akhirnya setelah kembali menjalani tes, ia terbukti positif covid-19.

Berkaca dari contoh kasus itu, maka sangat disarankan orang kontak erat dengan pasien covid-19 agar tetap menjalankan isolasi mandiri meski mendapatkan hasil tes antigen negatif.

Dokter Nila menyarankan jika ingin mendapatkan hasil pengetesan covid-19 yang efektif, maka sebaiknya masyarakat memilih melakukan pengetesan RT PCR untuk memastikan langsung ada atau tidaknya virus covid-19 di dalam tubuh orang yang berkontak erat.

Jika ternyata didapati hasil positif, maka disarankan segera menghubungi pihak puskesmas terdekat atau menggunakan layanan telemedisin, sehingga mendapatkan penanganan yang efektif.****