Menko Maritim dan Investasi (Marves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) adanya kemungkinan jumlah kasus positif akan naik dari sebelumnya.

Hal ini menurut dia lantaran penerapan teknik pelacakan atau tracing yang makin masif dilakukan. Ia bilang teknik tracing merupakan kunci dalam mendeteksi kasus covid-19. Dengan tracing, maka penyebaran virus dapat cepat diketahui.

"Kita sudah semakin mengerti teknik tracing itu penting dalam penanganan covid-19. Tracing kuncinya. Saya sudah bilang Presiden nanti mungkin jumlah yang diketahui terinfeksi akan naik," kata Luhur dalam kunjungan ke Rumah Oksigen, Pulo Gadung, Jakarta, Kamis, 29 Juli 2021.

Luhut mengatakan dengan tracing orang yang terpapar covid-19 bisa langsung ditangani, apalagi saat ini jumlah tempat isolasi terpusat hingga ketersediaan tempat tidur (BOR) di RS yang semakin bertambah. Selain itu, dengan adanya tambahan rumah oksigen tersebut, membuat penanganan covid-19 jadi semakin membaik dari hari ke hari.

"Jadi ini isolasi terpusat masih berapa ribu di Jakarta, lalu rumah sakit bed-nya juga turun sekarang, sudah turun banyak. Apalagi ini juga ada Rumah Oksigen, ini dapat menampung lebih banyak pasien isolasi mandiri saat ini," ujar Menko Luhut.

Namun demikian, pemerintah tetap mengantisipasi kemungkinan yang terburuk. Ia yakin pemerintah sudah lebih siap.

Luhut menjelaskan untuk saat ini ketersediaan tempat tidur di Jakarta lebih dari 9.000. Sedangkan seluruh Jawa-Bali disiapkan hampir 50 ribu tempat tidur di antaranya di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo Raya, Surabaya, Malang, Bali, dan sebagainya.

"Kita juga mulai di luar Jawa. Oksigen sudah mulai kita siapkan, kita dapat iso tank tambahan hampir 20, nah ini akan kita gunakan untuk menampung oksigen yang ada dari Konawe, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Sehingga kami berharap iso tank yang kita siapkan ini membantu daripada kekurangan-kekurangan oksigen," tutur dia.

Luhut berharap dengan adanya langkah seperti ini, akan bisa membuat Indonesia lebih baik.

"Ini masalah kemanusiaan yang harus kita tanggulangi bersama. Percayalah pemerintah memberikan yang lebih baik dan bisa mengatasi bila bersama-sama dengan masyarakat semua patuh dan taat pada protokol kesehatan yang ada," pungkas Luhut.(***).