Overload, Sampah Liar di Kutakarya - Kutagandok di Angkut DLHK Wilayah II

Masyarakat di sekitar perbatasan Kutakarya - Kutagandok Kecamatan Kutawaluya, nampaknya harus semakin mawas diri terkait banyaknya tumpukan sampah pinggiran jalan tersebut yang semakin overload. Tak ayal, kondisi sampah rumah tangga yang semakin menggunung tersebut, membuat UPTD DLHK Wilayah II Kecamatan Rengasdengklok turun tangan untuk mengangkut dan membersihkannya, Senin kemarin (12/7).


Kepala DLHK Wilayah II Rengasdengklok, Iki Mustika Nagari MM, mengatakan, adanya sampah yang semakin menumpuk terus menerus diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat sekitar agar tidak sembarangan membuang sampah, dan lebih disiplin lagi saat membuangnya. "Jika tidak bisa membersihkan, setidaknya jangan mengotori lingkungan, " Pesannya. 

Kepala UPTD DLHK Wilayah II Saat Monitor Pengangkutan Sampah Liar di Kutakarya Kecamatan Kutawaluya

Ia juga mengapresiasi peran serta Kades setempat yang membantu membangun kesadaran masyarakat soal kebersihan lingkungan dari sampah. Baik lewat upaya-upaya pembinaan maupun mengarug langsung titik-titik rawan yang jadi sasaran pembuangan sampah. "Kami apresiasi Kades Kutakarya yang selalu sigap untuk menekan penumpukan sampah di sembarang tempat seperti di pinggiran akses jalan ini, baik lewat imbauan maupun pengarugan lokasi tersebut, " Katanya. 

Kades Kutakarya, H Hendri mengatakan, pemerintah desa dipastikannya lebih aktif lagi dalam upaya pengumpulan, pengangkatan dan pengangkutan sampah, utamanya di akses yang tidak semestinya seperti pinggiran jalan, sawah dan irigasi akan terus di minimalisir. Pengangkutan sampah bersama DLHK ini sebutnya, merupakan kali kedua dilakukan. Karenanya, ia berharap kedepan tidak ada lagi oknum masyarakat yang menjadikan lokasi ini sebagai sasaran pembuangan sampah. Diantaranya adalah dengan pengarugan tanah yang akan diambil dari hasil normalisasi sungai, sehingga di pastikannya lingkungan tersebut bisa lebih bersih dan rapi. "Kita harap gak ada lagi tuh yang buang sampah di akses ini. Kita bersama aparat desa akan mengupayakan terus pembersihannya dan menghindari akses ini terus-menerus jadi sasaran pembuangan sampah oknum, " Katanya. 

Kasie Trantib Kecamatan Kutawaluya Rohendi berharap, pengaliran sampah oleh angkutan Dinas LHK Wilayah II Rengasdengklok ini bisa mengembalikan pinggiran akses jalan lebih bersih lagi. Sekaligus, harapnya, masyarakat semakin tersadarkan untuk tidak membuang sampah lagi di lokasi ini yang bisa membuat lingkungan nampak kotor, kumuh, berbau dan tidak bagus untuk kesehatan. "Kita harap masyarakat semakin menahan diri untuk tidak lagi membuang sampah ke lokasi ini, " Tutupnya. (Rd)

0 Komentar

X
X