Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) memiliki program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi yang ada pada Fakultas Teknik dan Informatika. Prodi Sistem Informasi Akuntansi  merupakan perpaduan dari 2 ilmu yaitu Sistem Informasi  dan Akuntansi. Pada ilmu sistem informasi, mahasiswa akan mempelajari bahasa pemrograman serta membentuk pola fikir sebagai sistem analis untuk merancang, mengembangkan dan menerapkan perangkat lunak akuntansi pada suatu perusahaan/organisasi. Sedangkan ilmu akuntansi mahasiswa akan mampu mengolah data-data akuntansi atau keuangan seperti kas, hutang-piutang, biaya produksi, gaji menjadi sebuah laporan akuntansi yang dibutuhkan oleh manajemen.

Mahasiswa prodi sistem informasi akuntansi akan mengetahui bagaimana perangkat lunak akuntansi bekerja dan mampu menggunakan berbagai software akuntansi yang ada serta menganalisa laporan keuangan perusahaan.

Untuk itu Prodi Sistem Informasi Akuntansi di bawah Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan Webinar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting. Dengan tema “Memahami Alur Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting”, Webinar ini diikuti seluruh mahasiswa Semester 2,4 dan 6 gabungan dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kabupaten Karawang, Kampus Kota Bogor, Kampus Kota Sukabumi, Kampus Kota Tegal, Kampus Surakarta, dan Kampus Kota Pontianak dengan total peserta 164 mahasiswa, pada kamis, 22 Juli 2021, pukul 13.00-16.30 wib melalui media daring yaitu Zoom Cloud Meeting. 

Bertindak menjadi narasumber adalah Ibu Lila Dini Utami, M.Kom dan dimoderatori oleh Ibu Sri Murni, M.Kom.

Dalam sambutannya, Dede Firmansyah S, M.Kom, Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kabupaten Karawang, mengatakan, webinar ini bertujuan untuk memberi bekal mahasiswa agar mempersiapkan diri mengikuti sertifikat Zahir sehingga dalam pelaksanaanya berjalan lancar serta hasilnya lulus, sertifikat kompetensi ini sebut Dede, akan dikeluarkan oleh PT. Zahir Internasional. 
"Webinar ini tujuannya adakah untuk pembekalan mahasiswa dalam mempersiapkan mengikuti sertifikat Zahir, " Ungkapnya.

Dede menambahkan bahwa Sertifikasi Zahir Accounting ini, wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI, selain sebagai salah satu indikator, profil lulusan di Prodi Sistem Informasi Akuntansi yaitu Accounting Analyst juga sebagai bentuk pengakuan akan kemampuan dan kompetensinya dalam menganalisa dan mengolah data akuntansi serta mengoperasikan perangkat lunak akuntansi khususnya Zahir untuk bekal terjun didunia kerja. " Paparnya. 


Narasumber dalam Webinar, Lila Dini Utami, M.Kom mengungkapkan, Webinar ini mengupas tuntas mengenai isi juklak sertifikasi Zahir dan ditunjang dengan latihan studi kasus, serta teknis ujian sertifikasi dengan menggunakan Zahir versi 6 agar lebih mendalam dalam pemahaman pengelolaan laporan keuangan. "Ujian sertifikasi dilaksanakan dalam 2 skema yaitu skema ujian secara online dilaksanakan pada tanggal 23 - 31 Juli 2021 sedangkan ujian online  dilaksanakan pada tanggal 27, 29, 31 Juli 2021 sesuai jadwal yang sudah di tentukan, " tutur Lila.

Sementara salah seorang Mahasiswa peserta Webinar, Dwi Agustiara mengatakan, Pembekalan sertifikasi zahir ini sangat bermanfaat sekali untuk plan mengikuti sertifikasi, sehingga dirinya semakin paham bagaimana mengikuti rangkaian sertifikasinya dan lulus. "Bermanfaat sekali, semakin tambah pengetahuan bagaimana mengikuti rangkaian sertifikasinya dan bisa lulus, " Ujarnya. (Rd)

Siapkan Uji Kompetensi, Mahasiswa Prodi SIA di suguhi Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting UBSI Secara Daring