266 Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong Divaksin COVID-19

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong menyatakan, 266 Pekerja Migran Indonesia (PMI) di negara tersebut telah mendapatkan vaksin COVID-19.(2/8/2021).

Vaksinasi massal tersebut digelar KJRI  di Hong Kong bekerja sama dengan Pusat Perlindungan Kesehatan Masyarakat setempat (CHP) di salah satu hotel di sekitar Victoria Park, Minggu (1/8/2021).

Victoria Park yang tidak jauh dari KJRI di kawasan Causeway Bay itu merupakan tempat favorit bagi PMI di Hong Kong untuk menghabiskan libur akhir pekan.

"Program ini sejalan dengan pemerintah Indonesia bahwa dengan mengikuti program vaksinasi maka dapat menjaga kesehatan diri dan lingkungan serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Konsul Jenderal (Konjen) RI di Hong Kong Ricky Suhendar, Minggu (1/8/2021).

Konjen Ricky mendesak Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong, agar mengimbau para majikan untuk memberikan waktu istirahat yang cukup bagi pekerjanya setelah menerima vaksin.

Vaksinasi massal untuk para PMI tersebut mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Hong Kong, di antaranya dari Sekretaris Pelayanan Masyarakat Patrick Nip Tak-kuen, dan Sekretaris Ketenagakerjaan Law Chi-kwong.

Beberapa peserta vaksinasi berharap program kerja sama KJRI dan otoritas di Hong Kong tersebut dilanjutkan.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai permulaan rangkaian peringatan HUT ke-76 RI di Hong Kong yang selaras dengan tema 'Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh' sehingga diharapkan PMI senantiasa terjaga ketangguhannya sehingga dapat terus berkarya demi kemajuan Indonesia," kata Ricky.

Jumlah jangkauan vaksinasi tersebut terbilang sedikit dibandingkan dengan jumlah PMI di Hong Kong yang mencapai angka 170.000 orang, mayoritas kaum perempuan bekerja pada sektor informal. (***)

0 Komentar

X
X