Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang terus meningkat. Sebelumnya, persentase angka kesembuhan pasien Covid-19 mencapai 91,95 persen pada Kamis (5/8) lalu.


Data terakhir yang terpantau di situs resmi penanganan Covid-19 di Karawang, angka kesembuhan pasien Minggu (8/8) kemarin, angka kesembuhan mencapai 93,25 persen. Tentunya, kabar tersebut merupakan kabar baik bagi masyarakat, maupun Pemkab Karawang.

Dari total 41.658 orang yang terkonfirmasi, 38,845 telah dinyatakan sembuh, 277 orang masih dalam perawatan dan isolasi mandiri sebanyak 830 orang. Sementara, untuk angka kematian akibat Covid-19 hanya 4,12 persen atau sebanyak 1.716 orang.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.KK mengatakan, angka kesembuhan yang meningkat tersebut juga diikuti kasus terkonfirmasi harian yang cenderung menurun.

"Hal itu juga dampak dari turunnya bed occupancy rate (BOR). Alhamdulillah pelaksanaan PPKM dari darurat hingga sekarang kita ada di PPKM Level III berhasil menekan penyebaran Covid-19 di Karawang," ujar dr. Fitra.

Ia mengatakan, rata-rata warga Karawang yang paling banyak terpapar adalah di usia 20-29 tahun, yakni sebanyak 10.643 orang. Hal itu menunjukkan bahwa kelompok usia milenial menjadi penyumbang tertinggi kasus Covid-19.

Oleh karena itu, ia mengajak para milenial agar mengurangi bahkan menahan diri untuk tidak dulu kumpul-kumpul dan nongkrong dengan teman-temannya. "Jadi klaster keluarga ini juga penyumbang kedua tertinggi setelah klaster industri. Sayangi orang tua dengan tidak kumpul-kumpul dulu," ujarnya.

Meski kasus terkonfirmasi virus corona di Karawang cenderung menurun, namun ia tetap meminta kepada masyarakat untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan dan juga mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten untuk membantu mencegah penularan Covid-19.***ts