Desa Ciwaringin Kecamatan Lemahabang, bukan saja jadi salah satu sentra rambutan dan jambu kristal di Karawang yang di suplay ke sejumlah pasar dalam dan luar kota Karawang, desa perbatasan Tirtamulya - Telagasari ini juga subur dengan hasil tumpang sari budidaya tanaman sayuran seperti Kangkung. Meskipun tanpa sentuhan Pemerintah/Dinas Pertanian dalam suplau benih kangkung, Senin (30/8) pagi, para petani yang tergabung dalam kelompok Budi Asih, berhasil panen perdana sayuran kangkung di lahan puluhan hektar.


"Mereka tanam kangkung dilahan sawah secara tumpang sari. Bibitnya di drop dari pemodal/pengusaha langsung, bukan dari Dinas Pertanian. Wal hasil, saat panen ribuan ikat sayuran kangkung yang di panen 40 harian ini di drop langsung ke Pasar Induk Cikopo Purwakarta dan Pasar Cikampek, " Kata Kades Ciwaringin H Uci Sanusi disela-sela memonitor hasil panen kangkung petani, Senin (30/8).

Tanpa Bantuan Pemkab, Sayuran Kangkung Ciwaringin Lemahabang Sukses Panen dan Mensuplai Kebutuhan Pasar Cikopo dan Cikampek

Uci menambahkan, Poktan Budi Asih i i memiliki lahan 55,7 hektar dan sebagiannya di tanami kangkung dengan cara tumpang sari. Ia berharap, ada bantuan modal ke kelompok penananam kangkung supaya bisa memberi optimisme kepada para petani yang lain dan memberikan akses hasil panen ke pasar- pasar lebih luas lagi oleh pemerintah. "Kita harap bantuan modal dan pembenihannya, sekaligus juga diberikan ruang dan akses bagi petani sayuran masuk ke pasar lebih luas lagi, " Ungkapnya. (Rd)