Iklan

Apdesi Karawang di Himpit PAPDesi dan PPKU, Alex : Tidak Perlu Risau !

Redaktur
Monday, 9 August 2021, 15:30 WIB Last Updated 2021-08-09T08:30:21Z

Organisasi yang menghimpun para Kepala Desa di Karawang, nampaknya bukan saja Apdesi di tahun 2021 ini. Entah karena faktor ketidakpuasan perjuangan para Kades menyampaikan aspirasinya, atau karena alasan "mandat" dan ke wilayahan, dua organisasi baru yang mewadahi para Kades muncul akhir - akhir ini di Karawang. Selain PAPDesi yang di komandoi eks pendiri Fordeska yang juga Kades Duren Kecamatan Klari, Ebeh Halim, Endang Macan Kumbang yang juga Kades Mulyajaya kembali mendeklarasikan diri bersama 38 Kades Wilayah 2 dan 3 dengan mendirikan organisasi baru bernama Persatuan Pemerintahan Kepala Desa Karawang Utara (PPKU).
Selain Apdesi, Organisasi Para Kades di Karawang Juga muncul bernama Papdesi dan PPKU


"Kalau saya ikut PAPDesi yang di komandoi Ebeh Halim, karena dianggap lebih gesit. Rata-rata memang yang ikut ke Ebeh Halim ini ya Kades yang sudah dua priode. Alasannya ya karena aspirasi melalui Apdesi dianggap kurang optimal membela kepentingan pemerintah desa, semisal macetnya Dana Desa, ADD hingga pengurangan operasionalnya dan keterlambatan BanGub juga. Kita para Kades butuh ketegasan, makannya lebih banyak kami curhat itu ke Ebeh Halim, dan jarang ke APDESI, apalagi pengurus lama seperti Lurah Adok dan Lurah Ombi gak jadi Kades lagi, semakin melempem sih, " Kata Salah seorang Kades di Karawang yang meminta identitasnya di Rahasiakan.

Sementara Deklarator PPKU, Endang Macam Kumbang mengatakan, PPKU merupakan wadah aspirator para kades yang ada di Dapil 2 dan 3. PPKU juga sebagai pemersatu untuk kekompakan dan juga menjadi Poros Tengah di antara organisasi yang sudah ada di Kabupaten Karawang, yaitu organisasi APDESI yang diketuai oleh Sukarya WK dan PAPDESI yang diketuai oleh EB Halim.

“Kami membentuk organisasi PPKU dengan tujuan sebagai poros tengah dan pemersatu kades di wilayah Karawang Utara” ungkapnya.

Endang menegaskan, hadirnya PPKU sebagai Poros Tengah, tetapi bukan untuk menyaingi APDESI atau PAPDESI. Namun, pada waktu aspirator itu disatukan, maka PPKU akan mengacu ke PAPDESI untuk bersama-sama memperjuangkan kesejahteraan maupun pembelaan terhadap para kepala desa yang ada di Kabupaten Karawang. "Tandasnya.

Menyikapi itu, Sekretaris Apdesi Karawang Alex Sukardi mengatakan, munculnya organisasi baru baginya merupakan hal biasa saja dan tidak ada yang perlu dirisaukan, sebab antara APDESI dan yang lainnya sangat berbeda dari sejarah pembentukan maupun status keorganisasiannya. PPKU sebutnya, hanya bersifat regional yaitu menghususkan diri para Kades di utara mewakili Dapil 2 saja, sementara PAPDESI terbentuk berdasarkan mandat yang diterima Kades Duren dari DPP PAPDESI. " Jadi bagi kami APDESI semuanya adalah anggota kami yanf tetap harus kami dengar aspirasi dan keluhan-keluhannya, semoga dengan adanya PAPDESI dan PPKU menjadi jembatan informasi atau advice yanv sempat tersendat selama ini, karena semua mereka pasti akan berjuang demi kepentingan para Kades di Kabupaten Karawang, " Ujarnya. (Rd)


Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI