Awas Gelombang Tinggi di Laut Karawang, Ini Kata Pol Air !

Aktivitas nelayan saat melaut, nampaknya perlu kehati-hatian beberapa hari terakhir ini. Pasalnya, meskipun cuaca dianggap normal di pagi hari, musim timur dengan kecepatan angin 12 Knot di siang hari, mengharuskan mereka melaut lebih cepat dibanding hari biasanya. Selain ancaman gelombang tinggi, lautan yang berkabut dengan jarak pandang setengah kilometer, juga bisa menyulitkan nelayan saat beraktivitas. 
Musim Timur, Gelombang dan Kecepatan Angin di Laut Karawang Utara Meninggi, Para Nelayan diminta Hati-hati Saat Melaut

Kata Anggota Pol Air Polres Karawang, Brigadir Ade Priyadi, Situasi laut di pagi hari memang terbilang aman, namun ketika masuk pada siang hari, situasi berombak dan angin kencang. Bagi nelayan sebutnya, ini akrab di sebut Angin musim timur. Diakui Ade, gelombang laut setinggi 1-1,5 meter dengan kecepatan angin 12 Knot mengharuskan para nelayan melaut setengah hari untuk menghindari cuaca buruk di tengah laut. Sebab, sambungnya, kondisi laut juga berkabut dengan jarak pandang 500 meter. 

"Untuk aktivitas nelayan, pagi kelaut siang sudah pulang, sebab di lapangan untuk kecepatan angin kalau siang 12 kenot dan gelombang laut sampai 1,5 meter, harus di ekstra hati-hati, " Katanya, Senin (30/8).

Ade menambahkan, setiap hari, pihaknya selalu memberikan himbauan ke nelayan yang lagi melaut atau mencari ikan, meskipun tangkapan sekarang ini sedang berkurang, tetapi semangat nelayan melaut masih normal. "Kami ingatkan, agar keselamatan di utamakan. Musim timur seperti sekarang ini, bagi pelayaran masih kategori berbahaya. Bisa memicu kecelakaan laut, mesin perahu mati dan lainnya. Harap hati-hati,  " Ungkapnya. (Rd)

0 Komentar

X
X