Iklan

Hari Ketiga Vaksinasi, Tempuran Ngabret, Rawamerta Paling Buncit

Redaktur
Wednesday, 11 August 2021, 21:09 WIB Last Updated 2021-08-11T14:09:36Z

Setelah sebelumnya menempati posisi paling buncit se Kabupaten Karawang untuk serapan vaksinasi keluarga Praktek Bidan Mandiri (PMB) bersama Pakisjaya, Kecamatan Tempuran "ngabret" pada hari ketiga vaksinasi Rabu (11/8) dengan posisi rangking ke 12 dengan sasaran sudah 46,22 persen. Sementara serapan vaksinasi posisi rangking pertama sampai hari ketiga, di raih Kecamatan Telukjambe Timur yang sudah menembus 90,54 persen atau sisa 681 orang yang belum tersentuh vaksinasi berdasarkan target yang ditetapkan. 

Adapun posisi serapan vaksinasi terbuncit pada hari ketiga, bertengger Kecamatan Rawamerta dengan Raihan vaksinasi 27,16 persen terpaut tipis dari Kecamatan Cibuaya 28,99 persen. 

Meskipun sempat menjadi pertanyaan soal angka penetapan target sasaran yang berbeda di setiap wilayah dengan menyesuaikan jumlah PMD dan Satuan Kelompok Kegiatan (Poktan) hingga penyuluh dilingkungan UPTD KB/Pos KB, nyatanya vaksinasi keluarga ini bak "sebuah lomba" antar Muspika Kecamatan karena terus di update setiap data laporan yang terinput setiap harinya agar menembus target yang ditetapkan bersama BKKBN tersebut. Wal hasil, serbuan vaksinasi di masing-masing pelosok Karawang di hari ketiga, sudah mencapai 104.328 orang atau 47,51 persen dari total target sebanyak 219.600 sasaran vaksinasi keluarga. 

"Tidak ada libur meskipun tanggal merah, kita terus serap vaksinasi masyarakat dosis 1 di sejumlah PMB yang ditetapkan. Tetap semangat, semoga para petugas tetap diberi kesehatan, " Kata Kepala Puskesmas Pacing Kecanatan Jatisari, H Ucin Supriyadi S.Km kepada pelitakarawang.com, Rabu (11/8). 

Sejumlah Kecamatan Ngabret Vaksinasi Keluarga Hari Ketiga

Senada dikatakan Camat Cilamaya Wetan, Basuki Rachmat. Pihaknya terus memonitor vaksinasi keluarga di sejumlah titik desa yang sebarannya memiliki PMB. Memang, seharusnya hari Rabu ini libur tahun baru Hijriyah, tapi memastikan masyarakat terus berjalan vaksinasi, tetap harus di monitoring di lapangan. "Gak ada hari libur, semga kita semua segera sehat, " Ungkapnya. 

Sejumlah Kecamatan Ngabret Vaksinasi Keluarga Hari Ketiga

Plt Camat Lemahabang, Artha mengatakan, memobilisasi masyarakat agar mau di vaksin memang tidak mudah, namun segala cara terus dilakukan untuk memastikan mereka di vaksin, ada yang dengan distribusi BLT Dana Desa, ada yang ingin menjadikan kartu vaksin sebagai syarat perjalanan, para karyawan yang enggan di vaksin di lingkungan perusahaan sampai kekhawatiran tidak bisa masuk Mall/supermarket karena belum di vaksin. 

Sumber : Pemkab Karawang

Terlepas dari alasan apapun, ia pastikan semua yang hendak di vaksin melewati proses screening pemeriksaan kesehatan, sehingga kelayakannya ditentukan ditempat. "Memang antusias dan kerumunan banyak karena antrian, repot juga sih, tapi lebih repot kalau serapan vaksinasi kita rendah, bukan sebatas laporan ke pimpinan, tapi implikasi bagi kesehatan masyarakat Lemahabang itu sendiri juga bisa lebih baik, " Tandasnya. (Rd)


Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI