Usai tahapan pendaftaran berakhir, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang siap menggelar lomba virtual Ketuk Tilu Karawangan yang rencananya diadakan di Mal Technomart, Galuh Mas Karawang, Kamis (19/08) mendatang.
Foto ilustrasi : Penari Jaipong


"Total pendaftar mencapai 139 peserta, namun setelah diseleksi kembali oleh dewan juri, terdapat 35 karya peserta yang nantinya siap dipentaskan," ujar Dadan Hendrayana, Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Karawang, Senin (16/08).

Dadan Hendrayana

Rencananya, kata Dadan, lomba virtual ini digelar di Mal Technomart pada Kamis (19/08) pagi mendatang secara virtual. "Secara teknis, peserta tidak langsung tampil di panggung acara, namun yang kita tampilkan karya videonya secara live streaming melalui akun youtube resmi Disparbud Karawang," jelas Dadan.


Diungkapkannya, lomba virtual Ketuk Tilu Karawangan merupakan bentuk perhatian Disparbud Karawang kepada para pegiat seni di Karawang, yang mana saat ini kegiatan-kegiatan kesenian sangat terbatas, sehingga berdampak redupnya eksistensi para seniman.


"Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, kita tentunya sangat memahami betapa terbatasnya event kesenian saat ini, maka dengan adanya perlombaan Ketuk Tilu Karawangan, diharapkan bisa memantik kembali kreatifitas SENI warga Karawang, utamanya menghidupkan kembali eksistensi kesenian di tengah pandemi COVID-19," paparnya.


Diketahui, dalam lomba virtual Ketuk Tilu Karawangan terdapat empat kategori perlombaan: Pertama, Kategori lagu Geboy untuk tunggal (SD Kelas 1-3) dan Tunggal (SD Kelas 4-6). Kedua, kategori lagu Gaplek, untuk tunggal SMP/SMA/Umum. Ketiga, kategori lagu Kangsreng untuk Rampak Umum (SMP/SMA/Mahasiswi).(red)