Lionel Messi berlinang air mata saat memberikan konferensi pers terakhirnya sebagai pemain Barcelona pada Minggu saat dia mengakhiri 21 tahun kariernya di Camp Nou.

“Ini sangat sulit, saya tidak siap untuk ini. Tahun lalu saya diyakinkan untuk pergi, tetapi tahun ini kami, keluarga saya dan saya ingin melanjutkan di sini, di rumah kami," katanya seperti dikutip Reuters.

“Hari ini saya harus mengucapkan selamat tinggal, saya tiba di sini di usia sangat muda yaitu 13 tahun, dan setelah 21 tahun saya pergi bersama istri dan tiga anak saya."

"Saya tidak ragu setelah pergi selama beberapa tahun, kami akan kembali karena saya berjanji kepada anak-anak saya," lanjut pemain berusia 34 tahun tersebut.


"Saya sangat berterima kasih untuk semuanya, semua rekan satu tim saya, semua orang yang telah berada di sisi saya," ujar Messi

"Saya memberikan segalanya untuk klub ini dari hari pertama saya tiba hingga hari terakhir. Saya tidak pernah membayangkan harus mengucapkan selamat tinggal karena saya tidak memikirkannya. Yang jelas saya sudah melakukan segala, dan mereka (Barca) tidak bisa melakukannya karena La Liga."

“Banyak rumor tentang saya, tetapi atas nama saya, kami melakukan semua yang saya bisa karena saya ingin bertahan. Tahun lalu saya tidak ingin bertahan dan saya mengatakannya. Tahun ini saya melakukannya dan saya tidak bisa."

"Saya mencintai klub ini. Tanpa melihat para penggemar selama lebih dari satu setengah tahun sangat sulit. Bila saya membayangkan itu (pidato perpisahan), saya akan membayangkan Camp Nou penuh (suporter) dan bisa mengucapkan selamat tinggal dengan benar."

Messi mengakhiri 21 tahun kariernya bersama Barcelona, yang dikonfirmasi pekan lalu karena mereka tidak bisa memberikannya kontrak baru.

Kontrak kapten timnas Argentina tersebut telah habis sejak akhir Juni, tetapi Barcelona telah berusaha untuk memberikannya kontrak baru.

Paris Saint-Germain kemungkinan besar akan menjadi tujuan selanjutnya Lionel Messi setelah klub Prancis tersebut sedang gencar melakukan pembicaraan dengan agen sekaligus ayah Messi, Jorge.(ANT)