Penyiapan lahan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk pembangunan pelabuhan baru disampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Trenggono.
TPI Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, Karawang
"Pemkab sudah menyiapkan lahan seluas 10 sampai 20 hektar untuk pembangunan pelabuhan baru. Ini sudah saya sampaikan kepada pak Menteri untuk permohonan bantuan pembangunan pelabuhan baru," ungkap Wabup saat Kunjungan Kerja Kementerian Perikanan dan Kelautan di Pelelangan Ikan Pelabuhan Ciparage, Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang, Senin (9/8/2021) pagi.

Kepada Menteri, Wabup mengatakan Kabupaten Karawang memiliki 12 Tempat Pelalangan Ikan (TPI), yang salah satu TPI terbesarnya adalah TPI Ciparage.

"Hanya tadi saya juga sampaikan kendala di Ciparage ini kata warga sering terjadi pendangkalan. Mudah mudahan nanti ada pembangunan TPI baru yang menjorok ke laut," jelas Wabup.

Kata Wabup, pihak kementerian telah memberikan respon yang baik terkait permohonan bantuan tersebut.

"Tadi pak Ditjen mengatakan tahun 2022 akan digelontorkan anggaran kurang lebih 100 miliar," ucap Wabup.

Selain menyiapkan lahan, Wabup menyatakan Pemkab juga akan memperbaiki dan menambah infrastuktur di sekitaran Ciparage. Pasalnya Ciparage memiliki potensi besar tidak hanya sebagai lokasi pelelangan saja.

"Nanti bisa kita bangun muara. Jadi masyarakatnya tidak terpaku menjadi nelayan saja. Tapi juga bisa menjadi pelaku usaha. Nanti disini bisa dibangun restoran restoran. Jadi perekonomian bisa terbangun," ujarnya. (Rd)