Iklan

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Redaktur
Tuesday, 17 August 2021, 20:59 WIB Last Updated 2021-08-17T14:01:32Z

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang sekaligus mengakhiri rangkaian Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/08/2021). Upacara tersebut berlangsung khidmat dan berjalan dengan lancar.

Laporan Komandan Upacara Kolonel Inf. Faisol Izuddin Karimi kepada Presiden Joko Widodo, menandai dimulainya Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

Selanjutnya, proses penurunan bendera dilakukan oleh tiga orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Tim Indonesia Tumbuh. Ketiga orang putra bangsa tersebut adalah M. Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Barat, Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur, dan Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih usai diturunkan. Bendera tersebut kemudian dikembalikan ke tempat semula, yang berada di hadapan Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara.

Menutup prosesi upacara, Komandan Upacara melaporkan kepada Inspektur Upacara bahwa penurunan sang Merah Putih telah selesai dilaksanakan.

Sama seperti tahun sebelumnya, rangkaian upacara penurunan bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini masih dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini. Oleh karena itu acara, digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan dengan jumlah peserta yang hadir secara fisik di Istana Merdeka sangat terbatas. Namun, upacara ini juga diikuti oleh peserta upacara yang terhubung secara virtual.

Tampak hadir secara langsung di Istana Merdeka yaitu Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD ‎La Nyalla Mattalitti‎, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (rls)



Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI