Iklan

Presiden Sebut Kesadaran Masyarakat Menguat Selama 1,5 Tahun Pandemi

Redaktur
Monday, 16 August 2021, 10:16 WIB Last Updated 2021-08-16T03:33:32Z

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan menyebut kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa dalam 1,5 tahun pandemi menerpa Indonesia.

“Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan kita, dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional kita. Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa,” kata Presiden Jokowi saat Pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi dalam sidang tahunan tersebut mengatakan kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi.

Hal ini, kata Jokowi, dalam pidato presiden, membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi.

“Dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi. Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, telah menjadi kesadaran baru,” kata Presiden.

Presiden mengapresiasi semakin terasa membudayanya gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

“Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas,” katanya.

Pada pidato Presiden itu, Jokowi mengenakan baju adat Badui Dalam dengan ikat kepala khas Badui telekung warna biru dan hitam.

Aksesoris tas koja juga melengkapi penampilan Presiden Jokowi dalam sidang tahunan tahun ini yang digelar dengan undangan terbatas dan sebagian tamu undangan hadir secara virtual.(Ant)


Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI