Iklan

RAPBN 2022: Sektor Kesehatan, Pemerintah Anggarkan Rp255,3 Triliun

Redaktur
Monday, 16 August 2021, 16:52 WIB Last Updated 2021-08-16T09:53:03Z

Pemerintah Indonesia merencanakan anggaran untuk sektor kesehatan sebesar Rp255,3 triliun atau 9,4 persen dari belanja negara pada 2022.

Anggaran tersebut akan diarahkan untuk melanjutkan penanganan pandemi. Selain itu reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting, serta kesinambungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat atas pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya di Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) 2021, di Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

“Untuk penanganan COVID-19, fokus Pemerintah antara lain, antisipasi risiko dampak COVID-19, dengan testing, tracing, dan treatment. Juga melanjutkan program vaksinasi COVID-19, serta penguatan sosialisasi dan pengawasan protokol kesehatan,” kata Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Presiden menyampaikan, bahwa kita harus bisa memanfaatkan pandemi sebagai momentum untuk perbaikan dan reformasi sistem kesehatan Indonesia. Juga harus mampu membangun produksi vaksin sendiri dan mendorong berkembangnya industri farmasi yang kuat dan kompetitif.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa harus membenahi fasilitas layanan kesehatan dari hulu hingga hilir, dari Pusat hingga Daerah. Kemudian transformasi layanan primer, layanan rujukan, peningkatan ketahanan kesehatan.

Selain itu, peningkatan kualitas dan redistribusi tenaga kesehatan, serta pengembangan teknologi informasi dalam layanan kesehatan. Presiden Jokowi juga mengatakan pemerintah akan menjaga kesinambungan program JKN serta meningkatkan kualitas layanan JKN.

“Percepatan penurunan stunting dilakukan melalui perluasan cakupan seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dengan penguatan sinergi berbagai institusi,” kata Presiden Jokowi. (ts)



Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI