Subsidi Listrik PLN September 2021, Ini Ketentuan Pelanggan yang Mendapatkannya

Pemerintah kembali memperpanjang subsidi listrik hingga Desember 2021. Ini artinya subsidi listrik PLN September 2021 masih akan berlaku.

Namun demikian, subsidi listrik PLN September 2021 berlaku bagi pelanggan rumah tangga 450 VA hingga 900 VA. Perpanjangan diskon token listrik dilakukan sebagai stimulus di masa pandemi Covid-19.

"Perpanjangan stimulus ketenagalistrikan meliputi diskon tarif listrik bagi pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA, pelanggan bsinis kecil 450 VA, dan pelanggan industri kecil 450 VA," kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari dalam keterangan resminya.

Besaran subsidi listrik PLN September 2021

Batas konsumsi listrik untuk pelanggan 450 VA adalah sebesar 324 kWh atau setara 720 jam nyala dengan diskon listrik PLN 50%. Jika pelanggan 450 VA sampai melewati maksimal batas atas, maka pelanggan akan menggunakan listrik berbayar sesuai aturan berlaku.

Sementara itu bagi pelanggan 900 VA subsidi, batas atas penggunaan diskon listrik PLN sebesar 648 kWh atau setara 720 jam dengan diskon 25%. Jika pengguna daya 900 VA Subsidi pemakaiannya melebihi batas atas, maka akan dikenakan listrik berbayar sesuai aturan yang berlaku.

Subsidi tarif listrik akan disalurkan melalui dua skema. Bagi pelanggan pascabayar diskon akan langsung dipotong melalui tagihan rekening listrik. Bagi pelanggan prabayar, diskon akan diberikan saat proses pembelian token listrik.

Cara cek subsidi listrik PLN September 2021

Pelanggan juga dapat mengecek sendiri subsidi listrik PLN September 2021 bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi baik melalui situs pln.co.id dengan langkah-langkah berikut.

  • Buka situs resmi https://portal.pln.co.id/;
  • Klik Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon) atau bisa juga akses stimulus.pln.co.id;
  • Masukkan ID pelanggan/Nomor Meter;
  • Tuliskan kode captcha, lalu klik Cari;
  • Masukkan nomor KTP, nama lengkap dan alamat lengkap sesuai KTP;
  • Masukkan kode captcha lalu, klik Simpan.

Apabila pelanggan terdaftar sebagai penerima diskon listrik maka akan ditampilkan keterangan besaran diskon listrik yang diberikan. Namun, apabila pelanggan tidak terdaftar sebagai penerima diskon maka akan mendapatkan notifikasi tidak menerima diskon.

Subsidi listrik PLN September 2021 juga akan memberlakukan ketentuan khusus bagi pelanggan sektor sosial, bisnis, industri, dan pelayanan.

Ida menyebutkan subsidi listrik juga termasuk pembebasan biaya beban abodemen dan penerapan ketentuan rekening minimum kepada pelanggan sosial, bisnis, industri dan juga pelayanan sampai dengan Desember 2021. Penerapan pembebasan rekening minimum diberikan sebagai bentuk stimulus dari PLN untuk sektor usaha.

Sebanyak 25 golongan pelanggan tersebut, selain mendapatkan stimulus juga mendapatkan subsidi, dengan besaran selisih BPP dengan margin 7 persen dengan tarif tenaga listrik yang berlaku.

Seperti itulah penjelasan seputar subsidi listrik PLN September 2021, mulai besaran diskon token listrik hingga cara cek penerimanya.(***)

0 Komentar

X
X