Iklan

Tidak Naik, BOP Penyuluh Pertanian Masih Rp300-500 Ribu Perbulan

Redaktur
Wednesday, 18 August 2021, 12:40 WIB Last Updated 2021-08-18T05:40:17Z

Bantuan Operasional (BOP) bagi THL TBPD Jawa Barat masih di kisaran Rp300-500 ribu perbulan, ini diberikan kepada 3.252 penyuluh pertanian ditengah anggaran Bantuan Keuangannya mencapai Rp34 Milyar. 

Sementara anggaran-anggaran lainnya, di arahkan pada refocusing. 

"Dari sekitar 5.000 desa di Karawang, penyuluh kita ada 3.252, mereka tetap mendapatkan BOP Rp300-500 ribuan perbulan dari Pemprov, sementara banyak anggaran lainnya di sektor pertanian, terdampak refocusing kecuali belanja-belanja pegawai, " Kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Ir. Dadan Hidayat saat di Cilamaya Wetan, baru-baru ini.
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Ir. Dadan Hidayat

Ia menambahkan, jumlah THL TBPD sejauh ini masih jauh dari ideal, karena memang tak jarang satu THL ini garap 2-3 desa. Namun demikian, yang ada saja dalam meningkatkan kesejahteraan, selain dibantu BOP, juga diarahkan menjadi PPPK khusus usia 35 tahun ke atas. Gaji yang mereka terima, sebut Dadan, di sesuaikan dengan skala pendidikannya, mulai Rp1 - 3 jutaan dan dibantu lewat keuangan daerahnya. Sehingga, jika di hitung, THL TBPD bisa mendapatkan kesejahteraannya sekitar Rp4-4,3 juta perbulannya. "Kenapa THL sedikit, salah satu faktornya juga adalah berkurangnya lahan garapannya setiap tahun, di samping juga ada yang sudah berstatus PNS/CPNS. Tapi, kita akan terus dorong tambahannya sesuai dengan jumlah desa yang ada di Jawa Barat, termasuk dari sisi anggaran kesejahteraannya, " Ungkapnya. (Rd)


Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI