Iklan

Astagfirullah Akibat Lapuk, Turap Irigasi Sekunder Kimirin Wadas Jebol

Redaktur
Monday, 13 September 2021, 14:48 WIB Last Updated 2021-09-13T07:48:11Z

Debit air cukup deras mengaliri irigasi sekunder Kimirin Dusun Buahaseum Desa Karyamukti Kecamatan Lemahabang. Irigasi yang mengairi sawah hilir Kecamatan Lemahaban dam Telagasari tersebut, mendadak jebol material turapnya pada Minggu malam (12/9). Tak ayal, air irigasi tersebut langsung meluber dan nyaris masuk ke pemukiman warga. Beruntung, jebolnya turap irigasi kimirin yang lapuk tersebut, langsung di sigapi pemerintah desa setempat dan pejabat di lingkungan Perum Jasa Tirta (PJT) Sektor Telagasari dengan membuat tanggul-tanggul manual darurat.

Turap Irigasi Sekunder Jebol, Sejumlah waker bersama aparat desa meninggikan tanggul mengantisipasi luberan air

"Iya jadi jebol, mungkin karena materialnya sudah lapuk. Kalau air semakin deras ya masuk ke Empang warga dan pemukiman. Kita sudah survey dan memang harus segera tertangani. Sebab, bukan soal pengairan sawah saja, tapi juga pemukiman warga setempat terancam jika debit air tinggi dan meluber, " Kata Kades Karyamukti Hj Iim Rohimah, Senin (13/9).

Sekretaris Desa Karyamukti, Ardi mengatakan, panjang turap yang jebol di irigasi sekunder Kimirin dari pintu air Peundeuy itu, sekitar 8 meteran. Sejauh ini, tidak ada pemukiman masyarakat sekitar yang sampai terendam, kecuali empang-empanh sekitaran tanggul saja.

"Sejauh ini tidak sampai ada rumah yang terendam, paling ke Empang dan kebun warga sekitar bantaran sungai, " Ujarnya.

Setelah terinformasikan tanggul turap irigasi sekunder tersebut jebol, sejumlah waker dan pejabat PJT II langsung kerja bakti membereskan irigasi tersebut dengan tanggul manual untuk menahan/membendung air meluber ke luar area irigasi. (Rd)


Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI