Gonjang-ganjing pengumunan kelulusan PPPK guru tahap I makin menguat. Disinyalir masih terjadi tarik-menarik soal besaran tambahan aifirmasi bagi guru honorer peserta tes PPPK guru 2021 yang tidak memenuhi passing grade di tahap I.

Isu lainnya masih belum adanya kesepakatan apakah afirmasi tambahan tersebut diberikan kepada guru honorer di tes PPPK tahap II dan III.

Di sisi lain banyak informasi beredar soal pengumuman kelulusan PPPK guru tahap I dilaksanakan Jumat, 1 Oktober. Untuk meyakinkan sengaja dicantumkan info Kemendikbudristek. Tidak hanya tanggal jam pengumuman juga diberikan yaitu pukul 00.01 WIB.

Menjawab masalah tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Guru Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani menegaskan informasi tersebut tidak benar.

Sampai saat ini Kemendikbudristek bersama Panselnas masih melakukan pembahasan intens. Belum ada kesepakatan soal tanggal pengumuman karena pembahasan belum selesai.

"Sampai sekarang belum ada keputusan kapan akan diumumkan," kata Nunuk Selasa (28/9).

Dia menjelaskan sejatinya pengumuman akan dilaksanakan pada 24 September tetapi diundur karena masih ada pembahasan yang harus dilakukan. Meski begitu Nunuk menegaskan, 94 ribu guru honorer yang sudah dinyatakan lulus tes PPPK 2021 tahap I tidak akan diutak-atik lagi.

Dia hanya menyarankan guru honorer untuk memantau portal resmi pemerintah yaitu SSCASN BKN dan gurupppk.kemdikbud.go.id (JPNN)