Percepatan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang . Usai vaksinasi dewasa, anak dan ibu hamil, kini Pemkab Karawang melalui Dinas Kesehatan melaunching imunisasi PVC di Mall Karawang Central Plaza (KCP), Kamis (16/9/2021) pagi. Acara launching dihadiri Wakil Bupati, H. Aep Syaepuloh.


Wabup Aep dalam sambutanya mengatakan, Pemkab Karawang mentargetkan herd immunity di akhir tahun ini, sehingga percepatan vaksinasi terus dilakukan. Selama ini, kata Wabup, sebagian besar yang diikutsertakan dalam program vaksinasi masih khusus untuk orang dewasa.


"Alhamdulillah hari ini sudah dibuka program vaksinasi untuk bayi, balita, dan anak-anak sekolah," kata Wabup.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Karawang, dr. Yayuk Sri Rahayu menjelaskan, imunisasi PCV ini diberikan untuk melindungi anak dari Pneumonia atau infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli).

Selain itu, Imunisasi PCV juga diberikan untuk mencegah penyakit Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus.

Yayuk menyebut Pneumonia bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa, anak-anak maupun bayi. Dan menimbulkan gejala seperti demam, batuk serta kesulitan bernapas.

"Yang perlu diimunisasi PCV bayi usia 2 bulan (dosis pertama), 3 bulan (dosis kedua) dan 12 bulan (dosis ketiga) diberikan dengan disuntikan," ungkap Yayuk.


Yayuk menyatakan pemberian imunisasi PCV ini aman diberikan bersama vaksin lain seperti DPT-Hb-Hib, sehingga tidak perlu khawatir untuk penyuntikan multi injection.

"Untuk jadwal hari ini ada 3 bayi yang disuntik. 3 anak balita wisuda. 8 balita yang sudah imunisasi dasar lengkap dan lanjutan dan 8 anak sekolah yang sudah lengkap imunisasi anak sekolah," terangnya. (Dis)