Membanggakan, Siti Marini warga Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang menjadi salah satu dari 10 penerima apresiasi pegiat perempuan dalam Festival Pendidikan Kesetaraan ( Festival Setara ) se Indonesia dengan Tema Peningkatan ekonomi kreatif melalui pendidikan/pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus tahun 2021. Apresiasi yang di umumkan secara daring pada Rabu (8/9) kemarin itu, sekaligus menobatkan Siti Marini sebagai satu-satunya perempuan yang mendapati anugerah bergengsi asal Karawang dari Dirjen Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Membanggakan, Siti Marini, Satu dari 10 Figur Perempuan se Indonesia Asal Karawang Peraih Apresiasi Festival Pendidikan Kesetaraan
Selain menjadi ibu rumah tangga, Siti Marini adalah sosok perempuan pengelola dan tutor lembaga pendidikan PKBM Assolahiyah. Sebuah Lembaga pendidikan yang konsen di 3 isu yaitu Pendidikan, Lingkungan, dan Pemberdayaan. Bahkan, ibu dua anak ini juga merupakan inisiator Sekolah berbasis lingkungan di Desa Muktijaya yang di kenal dengan Paud alam Alfirdaus.

Siti Marini mengungkapkan, beberapa program ekonomi kreatif yang dilaksanakan olehnya adalah pembentukan kelompok usaha dan pemberdayaan ekonomi keluarga (KUPEK), kawasan rumah pangan lestari (KRPL), program peningkatan gizi anak stunting dan jasa pesan antar SAKURIR.  

Ia mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut, ini semua diyakininya adalah berkat kerja sama seluruh TIM PKBM Assolahiyah yang telah bekerja membesarkan lembaga Assolahiyah.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk Pendidikan Karawang dan sekaligus Kado buat Kabupaten Karawang yang akan berulang tahun yang 388 Tahun,” ucap Rini.

Rini juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang yang telah memberikan supportnya, keluarga yang terus memberikan dukungan, sahabat dan seluruh tim PKBM Assolahiyah.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan supportnya, Ini untuk kado HUT Karawang dari PKBM Assolahiyah,” ujar Rini. (Rd)