Sturada 89,4 Fm Gelar Talkshow Dengan Inotek Soal Pengembangan UMKM Karawang

Radio Sturada 89,4 Fm Pangkal Perjuangan Karawang menggelar talkshow dengan Yayasan Inotek soal pengembangan UMKM Kabupaten Karawang di Graha Siar Sturada, Kamis (16/9). Hadir sebagai narasumber Direktur Eksekutif Yayasan Inotek, Ivi Anggraeni dan General Manager, Dewi Suryani.


Ivi menjelaskan, Inotek bekerjasama dengan Sampoerna Untuk Indonesia memiliki program "UMKM Bangkit dan Peduli (III)". Program ini merupakan suatu kegiatan berbagi produk UMKM yang merupakan binaan Inotek dan Dinas Koperasi  Kabupaten Karawang kepada masyarakat luas dalam rangka mempromosikan produk lokal untuk memperluas pangsa pasar para pelaku usaha UMKM Karawang.

"Melalui program tersebut, kami memberikan pelatihan, pendampingan legalitas usaha, pengembangan kemasan dan pengembangan lainnya," ungkap Ivi.

Ivi juga menjelaskan, di era digitalisasi saat ini masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan teknologi sebagai bagian penting dari pengembangan usahanya. Terutama dalam hal packaging dan marketing.

"Karena itu, pada Agustus kemarin kami memberikan pelatihan kepada 100 pelaku UMKM karawang melalui virtual. Kami beri pelatihan standar pengemasan produk, design kemasan, hingga penggunaan aplikasi untuk memasarkan produk-produknya agar lebih dikenal dan dibeli mayarakat luas. Dengan memiliki produk yang berkualitas, kemasan dan disain yang menarik dapat membentuk branding produk. Sehingga,  produk tersebut mudah dipasarkan dan naik kelas," papar Ivi.

Sementara itu, Dewi menjelaskan di Kabupaten Karawang sudah ada produk-produk UMKM yang sangat layak untuk dipasarkan secara global. "Kami membawa sejumlah produk UMKM Karawang yang sudah sangat baik dan berpeluang meraup pasar, baik di tingkat lokal, nasional maupun glibal," jelas Dewi.

Dewi menambahkan, Yayasan Inotek juga akan membagikan produk UMKM binaan kepada berbagai stakeholder dengan harapan produk tetsebut dapat dikenal dan dibeli masyarakat. "Dengan begitu, maka UMKM Karawang dapat tumbuh dengan baik," tutup Dewi. (dis)

0 Komentar

X
X