Sukses, Ruat Jagat Ikan Pindang 1 Kwintal di Kampung Pindang Cicinde Utara

Pemerintah Desa Cicinde Utara Kecamatan Banyusari bersama Paguyuban Pengrajin Ikan Pindang (PPIP) gelar kegiatan ruat jagat budaya dalam rangka rangkaian hari jadi Kabupaten Karawang Ke 388,Senin (20/09).

Kegiatan Ruat Jagat Ikan Pindang 1 Kwintal di Cicinde Utara Kecamatan Banyusari Sukses di Gelar Pada Tokoh dan Pengrajin setempat


Ruat jagat yang dihadiri perwakilan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang Drs Firman Sofyan dan Camat Banyusari tersebut, mempersembahkan ikan pindang kapasitas 1 kwintal yang di olah dan di produksi langsung oleh para pengrajin.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolsek Banyusari diwakili Aiptu Endang, Ketua komisi 2 DPRD Rahmat Darojati, Anggota DPRD fraksi Gerinda H Dimyati, Kades se kecamatan Banyusari bersama tokoh masyarakat, tokoh agama,tokoh pemuda dan undangan.

Kegiatan tersebut di awali dengan Sambutan dari Kadis pariwisata dan Camat Banyusari dilanjutkan dengan menerima pemberian ikan pindang  1 kwintal yang telah di masak dari forum Paguyuban Pengrajin Ikan Pindang sebagai rasa syukur akan hari jadi Kabupaten Karawang ke 388, serta Persembahan musik tradisional sunda.

Menutup rangkaian Kegiatan Rombongan melanjutkan dengan mengunjungi tempat  pengerajin ikan pindang di Dusun Peundeuy rt 01/08 Desa Cicinde Utara Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang.

Saat selesai kegiatan secara singkat Danramil menyampaikan, kegiatan Ruwat  ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka hari jadi Kabupaten Karawang Ke 388.

"Kami berharap masyarakat harus tetap melestarikan budaya dan adat yang sudah ada, meski zaman sudah modern seperti sekarang ini melalui kegiatan "Unjuk Budaya Kreatif "RUAT JAGAT KARAWANG" dapat melestarikan nilai-nilai budaya adat setempat,"pungkas Danramil.

Ketua PPIP Cicinde Utara H Ucin Supriyadi mengatakan, Kabid Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang secara resmi mengesahkan bahwa Desa Cicinde ini menjadi kampung pindang. Hal ini di mafhum bersama, karena sebagaimana di ungkapkan Camat Banyusari, desa ini selain ekonominya ditopang oleh sektor pertanian, juga dominan pengrajin ikan pindang yang sudah menjadi home industri terbesar. Pihaknya mencatat, ada 3.200 orang pengrajin ikan pindang di Desa Cicinde Utara, dimana hampir setiap rumah, kepulan asap dan aroma cita rasa pindang begitu khas dan mudah di jumpai. 

"Kami mengajak semua pihak, agar terus memberikan support bagi kesejahteraan dan membuka akses-akses market olahan pindang Cicinde Utara ini ke berbagai pelosok tanah air, " Harapnya. (Rd)

0 Komentar

X
X