Iklan

UMKM Lokal Dirangkul dalam Perayaan HUT Karawang

Redaktur
Wednesday, 15 September 2021, 10:14 WIB Last Updated 2021-09-15T03:14:21Z

Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar) genap berusia 388 tahun bulan ini. Sejumlah UMKM pun dirangkul untuk ikut merayakan hari jadi kabupaten yang terletak di utara provinsi Jabar itu.Tahun ini, tema hari jadi Karawang adalah “Sarasa-Sayangi Diri Karawang Sehat”.

Kegiatan yang berjalan pada 14-16 September 2021 ini mengajak 68 UMKM binaan untuk memproduksi dan membagikan bantuan kepada masyarakat Karawang yang terdampak Covid-19. Kepala Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Kabupaten Karawang, Drs. Ade Sudiana menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan yang dinisiasi oleh Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (Inotek) dan Sampoerna itu.

Ia mengatakan, pendampingan dan kegiatan komersialisasi UMKM dalam rangka memeriahkan HUT Karawang melalui program Build Back National Economy Better (BBNEB) dilaksanakan pada bulan ini. Adapun beberapa rangkaian kegiatan yaitu Harbolnas 9.9 melalui inotek(dot)market, pelatihan dan dilanjutkan dengan pameran bazaar produk unggulan UMKM pada tanggal 23-26 September 2021 serta business matching dengan pojok lokal untuk memasarkan produk UMKM lokal di toko-toko kelontong.

"Dalam pelaksanaannya, beberapa mitra strategis digandeng. BBNEB juga telah memberikan pendampingan bagi lebih dari 500 UMKM di Jakarta dan Karawang dengan fokus pada komersialisasi produk untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup UMKM," kata dia, Selasa (14/9).

Direktur Eksekutif Inotek Foundation Ivi Anggraeni mengatakan, BBNEB ditujukan untuk mendukung wirausaha dan UMKM sebagai penopang perekonomian bangsa yang kini terdampak pandemi Covid-19. Program BBNEB dirancang untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat dengan pendampingan bagi UMKM untuk beradaptasi di tengah keterbatasan gerak usaha akibat pembatasan sosial yang berlaku.

“Besar harapan kami agar kiranya langkah kecil ini mampu memberikan semangat dan motivasi bagi garda terdepan pejuang ekonomi yaitu UMKM demi mendorong terciptanya pemulihan ekonomi nasional," kata dia.(ROL)



Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini


Kilas Pendidikan



Berita Seputar Desa

DEWAN KARAWANG

+

PERTANIAN

+

DUNIA OLAHRAGA

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI