Alhamdulillah, Pemerintah Buka Peluang Jemaah Haji Indonesia Bisa Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2022

Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainut Tauhid membuka peluang kepada jamaah haji asal Indonesia bisa berangkat pada musim haji tahun 2022.

Peluang keberangkatan haji tersebut kini tengah dalam kajian dan pembicaraan yang terus dilakukan pemerintah Indonesia, baik oleh Kemenag maupun Kemenlu bersama pemerintah Arab Saudi.

Menurut Zainut, sudah dua tahun terakhir pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji lantaran masih situasi pandemi Covid-19.

"Kita berdoa mudah-mudahan 2022 bisa berangkat," katanya, Minggu (3/10/2021)

Menurut Zainut, pemerintah dalam hal ini Kemenag terus melakukan persiapan matang, baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu juga dalam waktu dekat pemerintah akan kembali melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk melakukan dialog dan pembicaraan dengan Otoritas.

"Mudah-mudahan ada harapan yang menggembirakan," katanya.

Diakui Zainut, faktanya memang bukan hanya Indonesia yang tidak diperbolehkan masuk ke Arab Saudi, tetapi juga termasuk negara-negara lain di seluruh dunia.

"Tidak ada satu negara pun yang diberikan kuota untuk berangkat haji," katanya.

Hal yang sama juga terjadi pada jamaah Umroh. Indonesia dan beberapa negara masih suspen untuk Umroh. Hal itu disebabkan karena kasus aktif Covid di negara kita cukup tinggi.

"Saat ini kan sudah landai, makanya kita melakukan lobi-lobi ke pemerintah Arab Saudi untuk bisa membuka pintu jamaah haji dan umroh Indonesia," ungkapnya.(****)

0 Komentar

X
X