Tahun ini, sebanyak 20 Desa dari 6 Kecamatan rencananya di guyur bantuan dari Kementrian Desa untuk program Smart Village/Desa Pintar. Bantuan berupa pengadaan barang penunjang tersebut, di luar tanggungan dana transfer desa seperti Dana Desa. Beberapa desa yang mendapatkan program tersebut tersebar di beberapa Kecamatan antara lain Telukjambe Timur, Rawamerta, Lemahabang, Klari, Karawang Timur dan Cikampek.

Foto Ilustrasi

Sekretaris Desa Karyamukti, Ardi mengatakan, desa cerdas ini merupakan program Kemendes yang langsung menyentuh desa. Tanpa usulan, format dan nama-nama desa yang mendapatkan program ditahun 2021 ini di tunjuk langsung Kemendes. Ia bersyukur, desanya masuk dalam program bantuan berupa pengadaan barang yang menopang desa cerdas tersebut bersama desa lainnya di Lemahabang, yaitu Pulojaya, Lemahmukti, Pulokalapa dan Lemahabang.

"Jadi formatnya sudah ada di Kemendes, sekarang kita baru mengusulkan, karena rencananya bantuan ini bukan berupa uang tapi barang yang menopang smart village, " Katanya, Jumat (8/10).

Ardi menambahkan, pengadaan barang yang di maksud misalnya seperti penopang digitalisasi pemerintah desa dengan kelengkapan perangkatnya dan alat lainnya. 

"Kalau di nominalkan sih gak tahu ya sampai berapa RAB nya, yang jelas itu nanti turun sudah berupa barang, " Ujarnya.

Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM) DPMD Karawang, Agus Somantri saat di konfirmasi terkait bantuan smart village, ia menegaskan bahwa program itu masih dalam tahapan seleksi. 
"Belum tahu, ini baru tahap seleksi, " Katanya..(Rd)

Berikut Desa - Desa yang masuk daftar penerima Bantuan Smart Village di Karawang : 

Kecamatan Telukjambe Timur 
* Desa Sukaharja

Kecamatan Rawamerta 
* Balong Sari
* Mekarjaya
* Pasirkaliki 
* Purwamekar

Kecamatan Lemahabang 
* Karyamukti
* Lemahabang
* Pulokalapa
* Pulojaya
* Lemahmukti 

Kecamatan Klari 
* Curug
* Klari 
* Gintungkerta 

Kecamatan Karawang Timur 
* Kondangjaya 
* Tegalsawah 

Kecamatan Cikampek 
* Cikampek Pusaka
* Cikampek Selatan
* Kalihurip
* Kamojing 
* Dawuan Tengah