Di tetapkannya Kabupaten Karawang sebagai salah satu wilayah di Jawa Barat yang masuk kedalam status memiliki penduduk miskin ekstrem tahun 2021, puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Karawang (FJK) gelar kegiatan "ngencleng" donasi bagi keluarga miskin (Gakin). Aksi solidaritas para awak media itu, di lakukan di pusat kota sebagai bentuk keperihatinan juga aksi protes terhadap Pemerintah Kabupaten Karawang yang dinilai tidak berpihak kepada rakyatnya.

Forum Jurnalis Karawang Gelar Aksi Solidaritas Ngencleng bagi masyarakat Miskin Karawang


"Kami sangat prihatin dengan kondisi saat ini, disatu sisi pendapatan daerah yang cukup tinggi, adanya kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Mengapa tidak berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat," ungkap Rudi Koordinator Aksi, Rabu (6/10).

Pemerintah Kabupaten Karawang juga sebutnya, dinilai arogan dan anti kritik terhadap pemberitaan media, kerap kali menggunakan kekuatan kekuasaannya untuk mengcounter pemberitaan yang dinilai menyinggung kepentingannya.

Forum Jurnalis Karawang Gelar Aksi Solidaritas Ngencleng bagi masyarakat Miskin Karawang

Sederet permasalahan dari mulai anggaran Pemda yang fantastis, kasus bansos, korupsi gedung Universitas, korupsi Dinas Pertanian hingga kebijakan pembelian mobil dinas mewah.
 
Tak hanya itu, Forum Jurnalis Karawang pun mengkritisi sikap para Anggota Legislator yang seakan acuh terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di Kabupaten Karawang.

"Para anggota Dewan Karawang hanya berdiam diri, kami harapkan sikap kritis para legislator dalam menyikapi kebijakan yang tidak pro rakyat," ujar Ujang Aditya Jurnalis lainnya. 

Penggalangan dana ini sambung Rudi, akan di donasikan kepada warga Karawang yang tidak mampu, berapa pun hasilnya, semoga aksi ini mendorong para lembaga maupun komunitas di Karawang yang peduli terhadap kondisi Kabupaten Karawang saat ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan ekstrem Indonesia mencapai 10,86 juta jiwa, atau sebanyak empat persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Kabupaten Karawang satu dari lima Kabupaten se Jawa Barat dengan total penduduk berstatus miskin ekstrem sebanyak 4,51 persen atau 106.780 jiwa. (Rd)