Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat memastikan atlet, ofisial, dan panitia pelaksana yang ikut dalam PON XX Papua tak terpapar covid-19. Kepastian ini didapat setelah dilakukan pengecekan dan pengetesan dibantu Satgas Covid-19 di Papua.

"Dari data 32 atlet, ofisial, dan panitia pelaksana PON XX Papua, yang dinyatakan positif covid-19 tidak satu pun berasal dari Jabar," kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar, Dewi Sartika, Kamis, 7 Oktober 2021.

Namun demikian, pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus covid-19 di PON XX Papua tersebut.

"Hasil komunikasi ke Papua dan memang ada datanya tapi Jabar belum ada masuk di data itu. 32 orang positif covid-19 berada di Kota Jayapura, Timika, dan lainnya dari provinsi lain," terang Dewi.

Menurut Dewi, antisipasi tetap dilakukan, selain pelacakan kontak melalui testing di venue. Semua atlet, ofisial, dan panitia penyelenggara juga harus melakukan PCR di bandara sebelum pulang ke Jabar.

"Jadi pasti tersaring dari Papua ke sini. Kemudian nanti tetap sampai Bandung kita akan lakukan konsolidasi dan pemantauan juga," lanjutnya.

Andai masih tetap ditemukan kontingen yang positif covid-19 setelah sampai di Jabar, pihaknya pun sudah menyiapkan antisipasi.

"Untuk yang tidak bergejala, disiapkan di BPSDM Jabar seperti biasa akan di cek," jelas dia.(medcom)