Server Eror, ANBK Full Online Siswa SD - SMP Gelombang 1 di Karawang Tertunda

Dua hari terakhir sejumlah manajemen SMP/Mts di Karawang, mengeluhkan pelaksanaan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang 1 yang digelar Senin - Selasa (4-5 Oktober). Pasalnya, jaringan server yang eror, listrik mati hingga bussy traffic internet mewarnai gagalnya pelaksanaan ANBK tersebut. 

" Iya yang gelombang 1 katanya gagal dan tertunda ANBK nya karena server eror terus. Rencana sekolah kami akan menyelenggarakan ANBK pada gelombang 2 Rabu dan Kamis besok dengan tiga sesi yang sama dan diatur berdasarkam jenjang. Mudah-mudahan tidak ada kendala teknis, " Kata Subki Akbar, Guru SMP Islam Attarbiyyah Telagasari, Selasa (5/10). 
Pengumuman Penjadwalan Ulang ANBK bagi sekolah Full Online yang terkendala teknis di Gelombang Pertama


Kasie Kursis Disdikpora Karawang, Dr Musa Mulyana mengatakan, bagi yang gelombang 1 dan kemudian ada yang tertunda karena busy traffic internet, cuaca seperti malam Senin semua medsos lumpuh, mempengaruhi server eror sehingga pelaksanaan di tunda, rata-rata, diakui Musa sekolah yang gagal melaksanakan AKM itu adalah yang full online, sementara yang semi online cenderung lancar.

"Full online itu langsung terhubung secara langsung ke server pusat, selama akm berlangsung dan tak perlu sinkron lagi. Semi online mengunduh dulu berkas Akm lalu dikerjakan offline, setelah selesai sinkron lagi. Semi on line perlu PC server sedang full on line, tidak, " Katanya.

Musa menambahkan, bagi sekolah yang full online kemudian gagal AKM karena terkendala, ini nanti sekolahnya akan di rekap dulu oleh tim teknis Kabupaten yang kemudian di ajukan susulan (ANBK) via Pusmenjar.
Secara teknis sebutnya, AKM itu bukan Ujian atau bukan pengganti ujian, maka ia harapkan pihak sekolah ikuti secara rileks saja, dimana asesmen itu sendiri merupakan pemetaan mutu pendidikan seluruh sekolah dengan tiga komponen, yaitu Assessment Kompetensi Minimum (AKM) literasi dan numerasi, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

Pengumuman Penjadwalan Ulang ANBK bagi sekolah Full Online yang terkendala teknis di Gelombang Pertama


"Khusus untuk SD bisa disarankan ulang. Patokannya bila terkendala di gladi apa boleh kita semi online semua nanti, " Ungkapnya. (Rd)

0 Komentar

X
X