Sukses di Cikampek, Vaksinasi Rabies Gratis Berlanjut di Klari

Sukses memberikan pelayanan vaksinasi rabies pada berbagai jenis hewan peliharaan seperti kucing, musang, kera dan anjing di wilayah Kecamatan Cikampek, Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan, bergeser layanan serupa di Kecamatan Klari dua hati terakhir, Kamis (7/10). 
Kegiatan vaksinasi hewan ini adalah rentetan hari rabies sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September lalu.
Kegiatan Vaksinasi Rabies oleh Distan Karawang di Kecamatan Klari


"Alhamdulillah, masih dalam rangka hari rabies dunia, pihaknya kembali melayani vaksinasi rabies ada hewan jenis kucing, anjing, kera dan musang. Sehari saja ada 58 jenis hewan yang di datangkan langsung pemiliknya. Alhamdulillah kita beri layanan secara gratis, " Kata Nining Komala, Kasie Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Distan Karawang.


Kegiatan Vaksinasi Rabies oleh Distan Karawang di Kecamatan Klari


Nining menambahkan, sebelumnya di pekan lalu sebanyak 63 ekor dilayani vaksinasi rabies di Kecamatan Cikampek dan sekarang juga sangat antusias setelah di buka layanan selama dua hari.

Penyakit rabies atau dikenal sebagaj penyakit anjing gila sendiri, sambung Nining, merupakan salah satu penyakit zoonosis atau penyakit hewan yang dapat menular ke manusia. Penularannya melalui gigitan hewan penderita atau dpt melalui luka karena air liur hewan penderita rabies. Hewan sebagai penular rabies adalah jenis anjing, kucing, monyet/kera dan musang sehingga, upaya pemberantasannya dilakukan terhadap hewan tersebut.

"Maka dalam rangka hari rabies sedunia, dinas pertanian memberikan layanan gratis unt vaksinasi rabies mulai 28 September - 07 Oktober dengan rincian, yaitu 28-30 September di Kecamatan cikampek dan 6-7 Oktober di kecamatan klari, " Pungkasnya. (Rd)

0 Komentar

X
X