Setelah meluncurkan Karawang Tangguh dan Lapor Pak Kapolres. Polres Karawang kembali membuat inovasi dengan terobosan "Surat Cinta Kapolres Karawang" kepada warga masyarakat Kabupaten Karawang.


Pemberian Surat Cinta Kapolres Karawang kepada warga masyarakat kabupaten Karawang ini telah dijalankan Polres Karawang beserta Polsek Jajaran sejak tanggal 4 Oktober 2021, yang diberikan setiap malam yakni antara pukul 00.00 Wib hingga pukul 04.00 Wib. 

Ketika personil polres maupun polsek melaksanakan giat patroli dalam rangka mengantisipasi kejahatan malam, khususnya curas (pencurian dengan kekerasan), curat (pencurian dengan pemberatan) dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor). 

Dimana keesokan harinya ketika mereka (warga) terbangun akan terkejut, karena di halaman rumah atau di bawah pintu depan rumahnya terdapat Surat Cinta Kapolres Karawang yang isinya menyampaikan "Piket Pawas Polres Karawang sedang melaksanakan kegiatan Patroli rutin malam sedang melintas di kediamannya, terpantau situasi kediamannya aman".   
Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono mengatakan, bahwa pemberian Surat Cinta dari Kapolres kepada masyarakat Karawang yang dijalankan saat ini. Agar warga mengetahui bahwa setiap malam hingga menjelang subuh, polisi “ada” dan pernah datang berpatroli di sekitar lingkungan rumahnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Polisi Datangi Rumah-Rumah Warga Untuk Membagikan Surat Cinta Kapolres

"Setiap malam personil Polres maupun Polsek yang melaksanakan giat patroli dibekali sedikitnya 10 (sepuluh) surat yang sudah saya tanda tangani, diberikan kepada warga secara acak dan bergantian, agar masyarakat tahu bahwa kita pernah berkunjung dengan berpatroli, sehingga mereka marasa aman dan terjaga," kata Aldi kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).   

Menurut Aldi, bahwa pemberian Surat Cinta kepada masyarakat yang dilaksanakan saat ini sebenarnya merupakan pengalaman yang pernah ia jalankan ketika menjabat sebagai Kapolsek di wilayah daerah Sulawesi Selatan. Hal itu merupakan kegiatan yang positif dan bisa diterapkan di Karawang.

"Semoga masyarakat Karawang merasa aman dan senang karena mendapat kejutan dari kami di pagi hari," ungkap Aldi.

Salah seorang warga Pancawati, Kecamatan Klari  yang pernah mendapat Surat Cinta Kapolres Karawang, Wahadi mengaku terkejut namun senang karena mengetahui Polisi pernah melintas berpatroli di depan tempat tinggalnya. Sehingga ia maupun warga lainnya merasa aman dan tentram bahwa pada malam harinya ada Polisi melaksanakan patroli di sekitar tempat tinggal mereka.(rd)