Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) meraih lima penghargaan sekaligus dalam sehari atau tepatnya pada Rabu (24/11/2021). 

Pertama, Pemda Provinsi Jabar meraih penghargaan Layanan Investasi 2021 Terbaik Kedua di Indonesia. Sedangkan dari sisi realisasi investasi, Jabar jadi yang tertinggi di Indonesia yakni sebesar Rp107 triliun periode Januari-September 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Rakornas dan Anugerah Layanan Investasi di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (24/11/2021). 

"Dalam konteks realisasi investasi yang menang Jabar," kata Bahlil dalam sambutannya.

Kedua, Jabar mendapatkan BI Award sebagai Provinsi Terbaik dalam Perluasan Layanan Sistem Pembayaran Digital melalui QRIS. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta kepada semua Kepala Daerah di wilayah Jawa Barat untuk mengoptimalkan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang merupakan wadah untuk merumuskan berbagai kebijakan dan strategi implementasi percepatan dan perluasan digitalisasi di segala sektor.

"Kekuatan digitalisasi ekonomi Jawa Barat menjadi modal dasar untuk mempercepat realisasi visi Jawa Barat Provinsi Digital," ujar Kang Emil dalam sambutan virtualnya di acara West Java Annual Meeting 2021 dengan tema “Saluyu Jawa Barat Bangkit" pada Rabu (24/11/2021).

Kang Emil juga meminta semua pihak agar menjaga optimisme pemulihan ekonomi Jawa Barat dan menyampaikan berbagai isu penting yang akan mewarnai perekonomian di tahun 2022, termasuk mendorong green economy.

Jawa Barat yang semakin terdepan dalam penerapan green economy akan mendudukkan Jawa Barat sebagai wilayah dengan daya tarik investasi dan daya saing perdagangan yang semakin tinggi di pasar global. 

Penghargaan selanjutnya diraih Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- dinobatkan sebagai Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemi dan Best Governor for E-Government and Digital Innovation dalam People of The Year 2021 di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Kategori Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemi sendiri merupakan apresiasi kepada para pimpinan daerah yang terus berjuang dan berdedikasi dalam menangani pandemi COVID-19 selama ini.

Kang Emil mengatakan, keberhasilannya dalam menangani pandemi COVID-19 tidak lepas dari dukungan 27 bupati/wali kota di Jabar yang telah bekerja keras. "Saya adalah saksi semua kepala daerah, mulai level gubernur, wali kota, bupati, bekerja sangat keras," ucapnya.

Adapun kategori Best Governor for E-Government and Digital Innovation merupakan penghargaan kepada gubernur yang sukses menginisiasi pelayanan digital bagi masyarakat di daerahnya. Kang Emil dipilih karena menerapkan digitalisasi secara cepat yang berpacu dengan permasalahan baru.

Terakhir, Kang Emil meraih penghargaan sebagai figur pemimpin daerah inovatif di masa krisis pandemi COVID-19 dengan kategori Economic Recovery pada ajang Indonesia Award 2021.

Piala penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Concert Hall Inews Tower Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Sejumlah kebijakan dan inovasi Ridwan Kamil dalam upaya pemulihan ekonomi dinilai berhasil membangkitkan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi. 

Bagi Kang Emil, dalam bekerja, ia tidak mengharapkan diberi penghargaan, melainkan karena kewajiban dan kemuliaan.

"Saya punya prinsip hidup kerja itu tidak untuk cari pujian tapi karena kewajiban dan kemuliaan," ucapnya.

Penghargaan, menurut Kang Emil, hanyalah pelecut motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Ia mendedikasikan penghargaan tersebut untuk semua pihak dan masyarakat Jabar yang telah berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi. (Jbl)