Garap 60 Rulahu "Aladin" 2021, LPM Pulojaya Ajukan 100 Unit Lagi Tahun Depan

Sebanyak 60 unit program rumah layak huni (Rulahu) rehabilitasi Atap Lantai Dinding (Aladin) sukses di garap tahun 2021 melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Pulojaya Kecamatan Lemahabang. Progres pembangunan rulahu yang tersebar di berbagai Dusun senilai Rp17,5 juta per Unit dari Dinas PRKP ini, masih on proses dan ditargetkan rampung beberapa pekan kedepan. 

Contoh Hasil Program Rulahu Aladin di Dusun Tanjungsari Desa Pulojaya Kecamatan Lemahabang

Suksesnya pembangunan rulahu ini, di jadikan acuan LPM setempat untuk terus menambah ajuan program serupa di tahun 2022 mendatang, tak tanggung-tanggung, jumlah unit yang di ajukan sendiri lebih dari 100 unit. 


"Yang tahun sekarang Alhamdulillah 60 unit mah sudah on proses dan berjalan lancar. Insha Allah bisa segera rampung di lapangan, kemudian untuk tahun depan kita juga ajukan ratusan rumah dengan program serupa. Karena memang kenyataannya, masih banyak rumah Gakin yang memenuhi kriteria untuk segera di bangun unit rulahu, " Kata Ketua LPM Desa Pulojaya, H Buang, Senin (21/11). 

Ia menambahkan, kesuksesan rulahu Aladin ini tidak ia lepaskan dari sosialisasi ke sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman setiap tahapannya. Sebab, program Aladin ini adalah stimulan saja, bukan seperri reguler. Dimana pada prakteknya, rumah Aladin sebatas rehabilitasi saja dan di bangunkan sesuai RAB dan standar yang persyaratan saja. 

"Wal hasil Alhamdulillah masyarakat bisa faham dan bahkan selain stimulan, banyak diantara penerima juga menambah dengan swadaya demi perbaikan rumah miliknya masing-masing yang mungkin berkeinginan lebih luas, lebih elegan dan lainnya, " Ujarnya.

Kalau boleh berharap, sambung Buang, program Aladin ini bisa terus bergulir dan bahkan di tambah lagi anggarannya seperti pada program BSPS. Sebab, ini sangat membantu masyarakat desa, bukan saja bagi penerima, tetapi juga pemberdayaan material lokal hingga tenaga kerja (tukang). 

"Kita berharap kedepan anggarannya bisa ditambah, dan juga kuotanya bisa semakin di perluas, " Pungkasnya. (Rd)

0 Komentar

X
X