Sedang ANBK, Kepsek Minta BIAS di Jadwal Ulang di Beberapa Sekolah Dasar

Sejumlah Kepala SD tengah sibuk menggelar kegiatan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), pekan ini, baik termin 1 dan juga termin ke 2, pada 14-17 November. Disisi lain, kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) juga di gelar pada pekan serupa. Atas dasar itu, demi memperlancar kegiatan ANBK dan menghindari efektifitas paska imunisasi khusus kelas V, sejumlah Kepala SD berharap adanya pergeseran jadwal BIAS kepada peserta didik selain kelas 1 dan 3.

Kegiatan ANBK 4 SD di SDN Pulokalapa 2 Kecamatan Lemahabang Wadas, Rabu (17/11)

"Iya, jadi ada jadwal BIAS itu pada Kamis besok, kita masih ANBK. Kita harap pelaksanaannya setelah ANBK ini tuntas semua, bukan berarti kita menolak kegiatan imunisasi anak. Kan AN itu sudah di jadwalkan dari pusat sesuai Titi mangsa, sebenarnya harus bisa kondisional di geser pelaksanan biasnya dari Puskesmas ke hari lain. Tinggal puskesmas koordinasi saja dengan koorwilcambidik," Ungkap Kepala SDN Pulomulya II, Suharyati S.pd, Rabu (17/11).

Senada di ungkapkan Kepala SDN Pulokalapa II, Angwas S.pd, jadwal bentrok antara ANBK denhan BIAS jangan di salah fahami bahwa sekolah menolak imunisasinya, tapi hanya meminta di jadwal ulang atau di geser waktunya. Sebab, jika imunisasi di gelar sebelum ANBK, dan atau saat ANBK jelas-jelas ini ia rasa bisa mengganggu fokus AN para siswa kelas V, sebab siapa yang bisa jamin bahwa setelah anak di imunisasi ada yang berefek sakit, demam dan gejala lain. Karenanya, ANBK yang berakhir Kamis besok ini, diharapkannya bisa menjadi fokus para siswa.

"Kalau untuk kelas 1 dan 3 sih tidak masalah, cuma kalau kelas V ini mereka sedang ANBK, kita harap maklumi saja permintaan pihak sekolah ini dan kita siap menggeser jadwal BIAS nya, dan bukan ANBK nya, " Ungkap Angwas.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lemahabang dr Ajiz Ghofur saat di konfirmasi terkait permintaan sejumlah Kepsek soal jadwal ulang BIAS, sampai berita ini ditulis, yang bersangkutan belum memberikan balasan..(rd)

0 Komentar

X
X