Waspada Air Pasang dan Banjir Rob di Pesisir Karawang Paska Gerhana Sore Ini

BMKG sebelumnya mewanti-wanti masyarakat pesisir Karawang agar mewaspadai cuaca ekstrem, air pasang dan banjir rob pekan ini. Aktivitas melaut, diharapkan bisa lebih ditingkatkan kewaspadaannya, menyusul fenomena alam Gerhana Bulan yang terjadi sore ini, berpotensi memicu air pasang dan rob di pesisiran Karawang.
Nelayan Pasirputih Saat Merapihkan Sejumlah Sarana Wisata Mangrove Antisipasi Fenomena Alam Paska Gerhana Bulan Sore ini


"Bagi nelayan dan warga pesisir mah mungkin air pasang menjadi hal biasa, apalagi di tanggal-tanggal purnama. Insha Allah tetap terantisipasi, " Kata Pokmaswas Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya kulon, Jumat (19/11).

Nelayan Pasirputih Saat Merapihkan Sejumlah Sarana Wisata Mangrove Antisipasi Fenomena Alam Paska Gerhana Bulan Sore ini

Senada dikatakan Kades Muarabaru, Ato Sukanto, untuk saat ini khususnya nelayan Muarabaru sedikit mengurangi aktivitas melaut karena cuaca. Fenomena gerhana, bisa membuat air laut pasang dan memicu banjir rob.

"Untuk himbauan lanjutan kita belum sampaikan lebih lanjut, paling nanti melalui grup pemdes, " Katanya.

Polsus KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, biasanya saat gerhana bulan dan posisi bulan purnama, menang lazim terjadi Air pasang, rob dan angin kencang. Untuk itu, ia menghimbau untuk para nelayan, kiranya perhatikan Cuaca dan keselamatan dalam melaut. 

"Mungkin pasang sudah nampak hari ini, dan rob juga tidak begitu besar pada pagi hari tadi, kemungkinan besok pagi air laut masih rob dan diharapkan lebih waspada, " Katanya.

Kasie Perikanan Tangkap DKP Karawang, Setia Saptana mengatakan,  gerhana bulan akan berdampak pada lingkungan. Untuk dilaut, khususnya akan ada gelombang air / rob yang mengakibatkan banjir disekitar pantai. Ia perkirakan berdasarkan prakiraan BMKG, air pasang dan rob ini, rata rata akan berlangsung kurang lebihnya 3 hari.

"Bahkan apabila gerhana bulan secara total, gelombang akan tinggi, sehingga dapat membhayakan para nelayan. himbauan kami, para nelayan untuk berhati hati dalam melakukan aktivitas penangkapan ikan, dan bagi nelayan yang rumahnya dekat dengan pantai agar selalu waspada dan siaga sebab dikawatirkan air rob masuk ke rumah, " Pesannya. (Rd)

0 Komentar

X
X