×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

3 Kategori Penerima Bansos PKH yang Tidak bisa Cair pada Januari 2022 Tahap 1

28 Des 2021 | Selasa, Desember 28, 2021 WIB Last Updated 2021-12-28T08:28:41Z

Simak 3 kategori penerima bansos PKH yang tidak bisa cair pada Januari 2022 tahap 1 berikut ini.

Program Keluarga Harapan atau PKH telah resmi diperpanjang sampai tahun 2022, dimana bantuan ini akan disalurkan setiap bulannya dari Januari sampai Desember 2022.

Pada Januari 2022 program Keluarga Harapan (PKH) masuk ke tahap 1 atau tahap pertama pada tahun 2022 untuk alokasi bulan Januari.

Namun pada tahap 1 di bulan Januari 2022 ada beberapa kategori penerima bansos PKH yang dinyatakan tidak bisa mencairkan bantuannya.

Berikut ini 3 ketegori penerima bansos PKH yang tidak bisa cair pada Januari 2022 tahap 1, dilansir dari kanal YouTube Dunsanak Mreal pada Selasa, 28 Desember 2021.

1. KPM PKH Yang Sudah Tidak Memenuhi Syarat Komponen PKH

Setiap keluarga penerima manfaat yang telah dinyatakan tidak memenuhi syarat komponen PKH akan ditindaklanjuti dan dipastikan tidak menerima bantuan PKH tahap 1.

Adapun syarat-syarat komponen yang harus dimiliki KPM PKH yaitu seperti ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah SD, anak Sekolah SMP, anak sekolah SMA, lanjut usia 70+, dan disabillitas berat.

Jika kamu memenuhi syarat komponen diatas, kamu bisa mencairkan bantuan PKH ditahap 1, namun jika kamu tidak memenuhi maka kamu tidak bisa mencairkan bantuan ini.

2. Termasuk Dalam Keluarga Tunggal Seperti Disabillitas Tunggal atau Lansia Tunggal

Arti dari poin nomer 2 adalah dalam setiap keluarga setiap KPM PKH tidak ada lagi keluarga yang lainnya.

Contohnya seperti memiliki lansia tunggal dan disabilitas tunggal maka kamu tidak termasuk lagi dalam komponen PKH yang artinya kamu tidak bisa mendapatkan bantuan PKH lagi.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu akan di alihkan sebagai penerima program bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial.

3. KPM PKH Tergolong Taraf Ekonomi Mampu

Pada akhir tahun 2021 pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan survey langsung kelapangan guna untuk mengetahui kondisi KPM PKH agar program ini tepat sasaran.

Bagi kamu yang telah didatangi tim survey dan telah ditetapkan bahwa kamu merupakan keluarga yang mampu dalam taraf ekonomi, maka kepesertaan kamu dalam program ini akan dicopot.

Demikian informasi terkait 3 kategori KPM PKH yang tidak bisa cair pada Januari 2022 tahap 1.(***)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS