Almarhum Darso seniman pop Sunda sudah mempopulerkan wisata Tanjung Baru lewat lirik lagunya. Lokasi itu, di sebut "Tempat Ulin Bari Ningal Pamandangan" (Tempat bermain sambil melihat pemandangan). Namun, infrastruktur dari dan menuju tempat wisata tersohor era Bupati Almarhum Achmad Dadang tersebut, masih saja buruk di penghunjung tahun 2021 ini.
Sejumlah Kendaraan "Matek" di Akses Jalan Menuju Wisata Tanjung Baru Kecamatan Cilamaya Kulon


Akses jalanan sepanjang 3 Kilometer yang melintasi Desa Pasirjaya - Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon tersebut, ancur-ancuran selama musim penghujan tanpa sentuhan perbaikan.
Bahkan, Kamis siang (23/12), jalanan menuju pesisir pantai itu nampak membuat kerepotan sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat, salah satunya bis yang mengangkut sejumlah pelajar yang harus "mogok" ngegas akibat jalanan penuh kubangan dan keroakan parah.

"Sudah gak bisa bicara apa-apa, banyak mobil mogok dan Bullyan masyarakat dan pengunjung, nyatanya memang hancur tanpa perbaikan. Bahkan saat terdampak rob, beberapa akses bantuan menuju Tanjung Baru membuat kerepotan para pengendara yang mengangkut logistik dan lainnya, ya memang begitu faktanya. Kalau peduli mah ya Ibu Bupati silahkan datang ke Tanjung Baru dan merasakan off road ya Tanjung baru, adrenalin, " Keluh Kades Pasirjaya, Abdul Halim alias Lurah Saglak, Kamis (23/12).

Sejumlah Kendaraan "Matek" di Akses Jalan Menuju Wisata Tanjung Baru Kecamatan Cilamaya Kulon

Ia berharap dari dulu sampai sekarang agar akses sepanjang 3 kilometer itu bisa segera di perbaiki. Betapapun akses jalannya masuk Sukajaya, tetapi akses ini adalah akses garapan Pemkab yang seharusnya bisa di perhatikan lebih.

"Kita minta diperhatikan lebih, kalau hujan ya begitu kondisinya, " Ujarnya.

Pegawai Desa setempat, Jaelani mengatakan, seburuk apapun jalanan dan akses yang sulit di lalui, Pemkab dan Kepolisian masih saja mencantumkan operasi-operasi libur lebaran, natal dan tahun baru sebagai salah satu lokus pengamanan wisata. Setiap memasuki liburan sekolah dan tahun baru, stand tenda polres Karawang dan Pemkab selalu standby. Namun, ia malu, justru jalanan menuju lokasi wisata justru buruk.

"Jadi ya seremonial saja, kenyataannya ada dan tidak ada pengunjung jalan begitu-begitu saja, " Keluhnya..(rd)