×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

H-1, Anggaran Hibah Musdes PAW Tiga Desa Molor, Panitia "Nyari" Dana Talang !

3 Des 2021 | Jumat, Desember 03, 2021 WIB Last Updated 2021-12-03T09:10:06Z
H-1 jelang pelaksanaan Musyawarah Desa( Musdes ) Pemilihan Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) besok, panitia tujuh di Desa Pancakarya Kecamatan Tempuran, Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan dan Mulangsari Kecamatan Pangkalan masih belum menerima hibah yang sebelumnya di ajukan kepada Pemkab senilai Rp25 juta/Desa. Akibatnya, penyelenggaraan Musdes untuk memilih kades baru untuk sisa masa jabatan itu, harus berjibaku mencari dana talangan dari APBDes Perubahan yang dianggarkan dan atau dari pihak ke 3. 


"Belum turun anggaran hibah mah, ini penyelenggaraan pake dana talang pihak ke tiga, tapi bukan dari Calon, boro-boro ah. Gak tahu kapan di turunkan ya, kalau panitia dan desa mah sudah mengajukan, " Kata Pjs Kades Pancakarya Kecamatan Tempuran, Mashuri, Jumat (3/12). 

Senada dikatakan Anggota BPD Mulangsari,  Cece. Dirinya tidak tahu menahu kapan anggaran hibah tersebut turun, padahal penyelenggaraan Musdes adalah besok. "Belum turun, gak tahu kapan mah, " Katanya.

Persiapan Pelaksanaan Musdes di Desa Pancakarya Kecamatan Tempuran Besok, Panitia Mulai Bangun Tenda

Kasie Pemerintahan Kecamatan Tempuran, Encep Suprijadi mengatakan, ajuan anggaran hibah untuk penyelenggaraan Musdes yang di poskan pada ABT murni, sudah di layangkan. Tapi, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah Musdes pada desa di Tempuran, biasanya cair seminggu setelah pelaksanaan Musdes. 

"Sehingga untuk sementara, pihak panitia dan desa mencari dana talang untuk kemudian dibayarkan setelah hibah dari Pemkab cair, " Ungkapnya. 

Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan saat di singgung soal anggaran hibah yang belum turun bagi tiga desa penyelenggara Musdes, sampai berita ini ditulis yang bersangkutan belum memberikan balasan. 

Seperti diketahui, Pemkab Karawang anggarkan Rp25 juta untuk hibah penyelenggaraan Musdes PAW, empat desa diantaranya adalah Mulangsari, Tegalwaru, Cilewo dan Pancakarya masuk dalam anggaran APBD Perubahan, namun Desa Cilewo tertunda pelaksanaannya karena persoalan di lapangan. Anggaran hibah itu, di alokasikan untuk sejumlah akomodasi dan penyelenggaraan selama berlangsungnya acara Musdes. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS