×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kemensos Tegas Minta Penyaluran Bansos PKH dan BPNT Tak Lewat 31 Desember 2021

24 Des 2021 | Jumat, Desember 24, 2021 WIB Last Updated 2021-12-24T06:35:11Z

Penyaluran bantuan sosial atau bansos diminta untuk tidak melebihi batas waktunya.

Batas waktu itu sendiri diketahui pada 31 Desember 2021.

Permintaan agar penyaluran bansos tak lewat dari tanggal 31 Desember 2021 sendiri disampaikan nspektur Jenderal (Irjen) Kemensos Dadang Iskandar.

Mantan Wali Kota Surabaya itu pun mengungkapkan alasannya.

Dikutip dari Pikiran Rakyat dalam artikel berjudul 'Mensos Risma: Penyaluran Bantuan Sosial Tidak Boleh Lewat 31 Desember 2021', Dadang mengatakan penyaluran PKH dan BPNT tak boleh lewat dari akhir bulan ini.

"Penyaluran KKS Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/program pangan agar penyalurannya tak melewati 31 Desember ini," ujarnya.

Dadang menjelaskan, hari ini percepatan penyaluran, aktivasi KKS bansos PKH dan Program Sembako dilakukan kepada sekitar 400 KPM di Kota Bekasi. Pencairan bansos tersebut berupa uang tunai maupun sembako.

“Untuk penyaluran bansos ada dalam bentuk uang tunai dan sembako seperti beras, sayuran, ayam atau daging dan buah-buahan dan yang lainnya,” tuturnya.

Lebih jauh, Dadang meminta dari semua bansos yang diterima KPM harus dipantau oleh pendamping PKH dan koordinator daerah (korda) agar digunakan sesuai peruntukannya untuk pemenuhan gizi keluarga dan mengurangi stunting.

Diharapkan agar bansos yang diterima itu dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan sembako keluarga, bukan yang lainnya.

Salah seorang KPM BPNT/program sembako, Siti Sarini (31) warga Penggilingan Baru Kel Harapan Baru, Bekasi Utara menerima 8 tahap terdiri 6 tahap x Rp 200 ribu Rp 1,2 juta dan 2 tahap dengan paket sembako.

“Saya senang sekali dan tidak menayangkan menerima bansos yang sebelumnya tidak pernah menerima dari pemerintah. Sekali lagi terima kasih,” tuturnya.

Terkait masih adanya KPM yang belum menerima bansos, hal itu disinyalir karena mereka dari perluasan program PKH atau BPNT/program sembako atau kurangnya mendapat informasi yang benar.

“Masih ada KPM belum mencairkan bansos agar disikapi para pendamping PKH dan Korda menyisir agar mereka bisa menerima bansos sebelum 31 Desember," katanya.

Pimpinan Cabang BNI Kota Bekasi, Akta Seli Tatu Pusa menyampaikan kesanggupannya menyalurkan bansos dalam bentuk tunai kepada KPM PKH sesuai dengan permintaan dari pihak Kemensos.

Foto ilustrasi

“Kami siap menyalurkan bansos PKH dalam bentuk tunai sebelum batas akhir sebelum 31 Desember 2021 dengan pelayanan yang baik dan tertib,” katanya. (***)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS