Reuni 212 akan digelar pada Kamis (2/12) di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Terkait kegiatan itu, polisi mengantisipasi dengan menutup kawasan yang akan digunakan dalam aksi 212 tersebut.

"Polda Metro Jaya akan melaksanakan penyekatan di seputar kawasan Bundaran Patung Kuda dan kawasan Monas yang akan berlaku mulai pukul 24.00 nanti malam sampai dengan setidaknya pukul 21.00 tanggal 2 Desember besok," jelas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (1/12).

Wilayah seputaran Patung Kuda serta Monas pada 2 Desember besok dinyatakan sebagai zona merah. Artinya tidak ada kendaraan yang boleh melintas.

"Besok area yang akan ditutup adalah area di seputar Patung Kuda dan kawasan Monas, jadi semua area yang berwarna merah ini dinyatakan sebagai kawasan terbatas. Semua kendaraan mulai nanti malam tidak boleh memasuki kawasan ini," jelas Sambodo.

Masyarakat yang ingin menuju kawasan Patung Kuda dan Monas akan dilakukan filterisasi oleh kepolisian. Bagi masyarakat kedapatan yang ingin ikut kegiatan 212 tidak diizinkan melintas.

"Kawasan-kawasan yang menuju ke daerah ini nanti kita akan melaksanakan filterisasi, artinya seperti misalnya di Semanggi, Tugu Tani, kemudian sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin khusus untuk masyarakat masih bisa melintas," jelas Sambodo.

"Tetapi untuk para massa yang akan menghadiri perayaan 212 tidak boleh melintas. Khusus untuk kawasan ini tidak boleh dilewati kendaraan apa pun termasuk orang-orang," pungkasnya.

Reuni 212 sebelum pandemi corona memang selalu dihadiri banyak warga. Kali ini, PA 212 ingin acara kembali digelar di sekitar Monas padahal pandemi masih ada.

Entah mengapa PA 212 tetap ingin menggelar acara bertajuk aksi super damai di Patung Kuda. Padahal, mereka sudah mengalihkan ke Masjid Az-Zikra.

Saat ini, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi adanya massa yang nekat datang ke Reuni 212 di Patung Kuda. Berikut jalan yang ditutup:

  • Jalan Medan Merdeka Selatan

  • Jalan Medan Merdeka Barat

  • Jalan Budi Kemuliaan

  • Jalan Medan Merdeka Utara

  • Jalan Veteran

  • Jalan Juanda. (Hg)