×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Diguyur Hujan Deras Berjam-Jam Tebing Setinggi 150 Meter di Sumedang Longsor

17 Jan 2022 | Senin, Januari 17, 2022 WIB Last Updated 2022-01-16T21:10:50Z

Tebing setinggi 150 meter dengan lebar 80 meter di Dusun Sukasari Desa Ciherang Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang, longsor sekira pukul 16.30 WIB, Sabtu 15 Januari 2021.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kecuali itu material longsor berupa tanah dan bebatuan menimbun areal sawah warga sekitar 2 hektare, serta menyumbat saluran Sungai Cipongkor yang bermuara ke Sungai Cipeles.

"Situasunya terjadi, beberapa saat setelah hujan deras selama berjam-jam di wilayah tersebut reda," ujar Kepala Pusdalops BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kab Sumedang Rully Surya.

Sebut dia, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Itu karena warga yang menggarap sawah di bawah tebing itu sudah pada pulang ke rumahnya.

Mungkin sambung Rully, ceritanya akan lain jika longsor itu terjadi pada pagi atau siang hari. Dimana dalam waktu seperti itu, banyak warga yang beraktivitas di sawah.

"Memang juga, ada salah seorang warga atas nama Tata, yang nyaris menjadi korban. Dimana sore itu, dia masih berada di sawahnya. Tapi alhamdulillah, dia bisa selamat, meski kakinya sempat kena pentalan batu, dari material longsor tersebut, " ungkapnya.

Melansir Galamedia,Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir sudah menginstruksikan instansi terkait, untuk melakukan langkah-langkah dilapangan, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

"Saya sudah perintahkan sesegera mungkin mengambil tindakan termasuk mendata warga yang terdampak guna bahan penanganan selanjutnya. Dan yang paling penting, keselamatan warga harus jadi yang utama," ujarnya.

Sementara itu, Dedi saksi mata longsor Ciherang, menuturkan, sempat terjadi kecantikan , saat menyaksikan peristiwa tersebut. Apalagi setelah mendengar ada warga yang masih beraktivitas di sawah, disekitar lokasi itu.

Sontak, teriakan dari warga yang menyaksikan kejadian itu saling bersahutan, yang diarahkan ke arah sawah. Dengan tujuan supaya jika ada dari warga yang masih ada disana, bisa segera menjauh untuk menyelamatkan diri.

"Alhamdulillah, tidak ada korban. Karena terus turun hujan, sehingga warga yang beraktivitas di sawah sudah pulang lebih awal dari biasanya,"katanya.(***)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS