Berikut informasi biaya umrah terbaru tahun 2022, Kemenag membuka keberangkatan jamaah umrah mulai 8 januari 2022.

Umrah yang baru saja dibuka setelah pandemi tentu akan ada perubahan biaya dari sebelum terjadinya pandemi.

Biaya yang disampaikan Kemeng ini hanya untuk biaya pemberangkatan umrah saja, namun belum termasuk biaya karantina dan tes PCR.

Jika biaya umrah sebelumnya sebesar Rp20 juta, tahun 2022 ini ada sedikit perubahan, meski tidak terlalu jauh namun ada sedikit kenaikan biaya.

Selain itu, pemerintah melalui Kemenag juga sudah mulai memberangkatkan jamaah umrah pertama di tahun 2022 ini.

Tepatnya, pada 8 Januari 2022, Kemenag membuka perdana pemberangkatan umrah dari Indonesia ke Madinah.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Kementerian Agama atau Kemenag, Nur Arifin mengatakan bahwa untuk biaya umrah tahun 2022 sebesar Rp28 juta.

Biaya ini tentu ada kenaikan dibanding dengan biaya sebelumnya yang mencapai Rp20 juta untuk setiap orang.

Namun, kenaikan ini tentu karena ada beberapa aturan dan regulasi baru sekaligus ada pembatasan jamaah haji.

Selanjutnya jamaah umrah yang sudah sampai di Madinah nanti akan di karantina terlebih dahulu sebelum melakukan proses ibadah di sana.

Ketika sudah berada di Indonesia, jamaah umrah juga akan di karantina sesuai dengan aturan protokol kesehatan dari satgas Covid-19.

Melansir dari laman haji.Kemenag.go.id, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan penyelenggaraan ibadah umrah akan kembali dibuka.

"Pemberangkatan jemaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah,” terang Hilman seperti di beritakan Kemenag pada Kamis, 6 Januari 2022.

Demkian informasi biaya umrah terbaru tahun 2022, Kemenag membuka keberangkatan ibadah umrah mulai 8 januari 2022.(***)